Meng Wanzhou (kanan) menerima sejumlah orang di Vancouver, Kanada, 12 Desember 2018. (Foto: AFP/JASON REDMOND)
Meng Wanzhou (kanan) menerima sejumlah orang di Vancouver, Kanada, 12 Desember 2018. (Foto: AFP/JASON REDMOND)

Kanada Mulai Proses Ekstradisi Petinggi Huawei

Internasional huawei tiongkok politik kanada
Willy Haryono • 02 Maret 2019 09:55
Ottawa: Kanada memulai ekstradisi petinggi perusahaan Huawei, Meng Wanzhou, ke Amerika Serikat, Jumat 1 Maret 2019. Ini merupakan langkah terbaru dalam sebuah kasus yang memperburuk hubungan Kanada dengan Tiongkok.
 
Meng, wanita berusia 47 tahun, ditangkap di Vancouver pada Desember atas permintaan Washington. Meng ditahan atas dugaan melanggar sanksi ekonomi AS yang dijatuhkan kepada Iran.
 
Ditangkapnya Meng memicu penangkapan sejumlah warga Kanada di Tiongkok, sebuah langkah yang dinilai sejumlah pihak sebagai aksi balasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini, Kementerian Hukum Kanada mengeluarkan Izin Melanjutkan, yang secara resmi memulai proses ekstradisi Nyonya Meng Wanzhou," ucap pernyataan resmi pemerintahan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, seperti dikutip dari laman AFP.
 
Anak dari pendiri Huawei Ren Zhengfei, Meng dijadwalkan hadir di pengadilan Kanada pada 6 Maret mendatang. Nantinya, tim jaksa akan menghadirkan sejumlah bukti terhadap Meng dan juga mengenai detail ekstradisi.
 
Di akhir proses tersebut -- yang dapat berlangsung berbulan-bulan atau bahkan hitungan tahun -- Jaksa Agung Kanada akan memutuskan apakah Meng akan diserahkan atau tidak ke Negeri Paman Sam.
 
Kedutaan Besar Tiongkok di Kanada menegaskan "sangat tidak puas dan menentang" keputusan proses ekstradisi Meng. Beijing menyebutnya sebagai "persekusi politik" dan meminta agar Kanada "segera membebaskan Meng tanpa syarat."
 
Sejak ditangkap di Vancouver, Meng telah dibebaskan dengan jaminan sembari menanti hasil dari sidang dengar pendapat.
 
Tiongkok geram atas tuduhan AS terhadap Meng, yang dianggap Negeri Tirai Bambu sebagai produk dari "motivasi politik yang kuat." Tiongkok juga menilai AS hanya berusaha merusak reputasi Huawei.
 
Mengenai penangkapan Meng ini, Huawei membantah keras atas semua tuduhan yang dilayangkan AS.
 
Masih dalam kasus ini, PM Trudeau telah memecat Duta Besar Kanada untuk Tiongkok John McCallum. Pemecatan dilakukan usai McCallum menyinggung mengenai permintaan ekstradisi Meng oleh AS.
 
Dalam keterangannya kepada media Toronto Star pada Jumat 25 Januari, McCallum berkata bahwa jika seandainya AS membatalkan permohonan ekstradisi Meng Wanzhou, maka itu merupakan suatu hal yang "baik."
 
Baca:PM Trudeau Pecat Dubes Kanada untuk Tiongkok
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif