Warga Afrika Selatan memberikan suaranya dalam pemilihan umum. (Foto: AFP).
Warga Afrika Selatan memberikan suaranya dalam pemilihan umum. (Foto: AFP).

Afrika Selatan Hadapi Pemilu Paling Sengit dalam 25 Tahun

Internasional afrika selatan
Arpan Rahman • 08 Mei 2019 18:10
Pretoria: Seperempat abad sejak awal demokrasi, warga Afrika Selatan menuju ke tempat pemungutan suara pada Selasa dalam pemilihan umum yang kemungkinan paling sengit sejak Nelson Mandela menjadi presiden.
 
Gambar Mandela dijahitkan ke baju yang dikenakan oleh penggantinya, Cyril Ramaphosa, ketika menggelar kampanye.
 
Partai ANC masih dianggap pada status hampir suci. Ramaphosa sudah lama menjadi pewaris pilihan Madiba (nama panggilan Mandela).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berupaya mengingatkan para pemilih bahwa di balik jaringan gelap skandal korupsi yang begitu menjerat politik bangsa itu, terdapat gerakan pembebasan sejati dengan rasa benar dan salah. Pesan itu sulit dijual kepada publik yang skeptis.
 
"Segala macam hal mengerikan telah terjadi di masa lalu tetapi dengan caranya ANC akan melalui proses katarsis karena melakukan semua hal yang dilakukan secara salah, tetapi di luar itu kita menghadapi prospek pembaruan yang positif," katanya, disitat dari laman ITV, Selasa 7 Mei 2019.
 
Sudah 18 bulan sejak dia menggantikan Jacob Zuma sebagai pemimpin ANC yang melembagakan serangkaian audiensi publik ke dalam penyalahgunaan besar-besaran keuangan negara.
 
Zuma sekarang menghadapi 16 tuduhan korupsi, pencucian uang, dan pemerasan. Beberapa sekutu terdekat mantan presiden itu, yang masih memegang posisi teratas dalam partai, telah terlibat.
 
Tetapi tidak ada yang didakwa dan beberapa bahkan menjadi kandidat untuk parlemen dan kursi di pemerintahan.
 
Jadi mengapa Ramaphosa tidak memecat mereka? Atau memasukkan mereka ke penjara? "Kita hidup di negara yang didukung oleh hukum dan demokrasi," katanya.
 
"Jadi di ANC orang-orang itu terpilih untuk berada dalam daftar. Pada saat yang sama jika ada yang melakukan kesalahan, aturan hukum akan diambil dan mereka akan ditangani tanpa rasa takut atau bantuan atau prasangka yang dapat saya yakinkan Anda. Itu akan terjadi; siapa pun mereka," serunya.
 
Beberapa analis percaya kemenangan besar akan memberdayakan Ramaphosa untuk berurusan lebih cepat dengan para penjahat. Tapi jajak pendapat menunjukkan hal yang lebih dekat.
 
Jika ANC menang, seperti yang diharapkan, itu akan terjadi karena Ramaphosa jauh lebih populer daripada partai yang dipimpinnya. Dia mewakili, banyak yang percaya, kesempatan terakhir dan terbaik bagi Afrika Selatan untuk melakukannya dengan benar.
 
Tetapi mereka tetap akan berjuang panjang mengatasi kroni-kroni lama Zuma serta penyakit ekonomi dan sosial yang sudah sangat dikenal di negara itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif