Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)

Turki Mulai Kirim Militer ke Suriah Utara

Internasional suriah turki konflik suriah kurdi
Sonya Michaella • 23 Desember 2018 16:06
Ankara: Turki dilaporkan mulai mengirimkan pasukan miliernya ke Suriah bagian utara. Kawasan ini dikuasai oleh pasukan Kurdi.

Pengerahan pasukan militer ini diperintahkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan yang mengatakan bakal memulai operasi militer baru di wilayah Suriah.

Dilaporkan, sekitar 35 tank dan persenjataan berat lainnya dibawa menggunakan kapal pengangkut tank melintasi perbatasan Jarablos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dikutip dari AFP, Minggu 23 Desember 2018, para pasukan menuju kawasan dekat dengan Sungai Sajour, antara Jarablos dengan Manbij, tidak jauh dari garis depan penempatan pasukan Kurdi. Sebelumnya, Erdogan menegaskan akan mengusir pasukan Kurdi dan sisa-sisa militan ISIS dari Suriah, dengan penambahan pasukan militer.

Turki juga sempat menunda operasi militer baru ke Suriah setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan kan menarik pasukan AS dari Suriah. 

Selama bertahun-tahun, AS telah menjadi pendukung Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi dalam melawan kelompok militan ISIS.

Sementara itu, Erdogan khawatir dengan keberadaan pasukan Kurdi di wilayah perbatasan Suriah dan Turki akan membangkitkan ambisi separatis Kurdi di Turki. 



(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi