Bos Bloomberg harap Trump kembali ke perjanjian iklim Paris. (Foto: AFP).
Bos Bloomberg harap Trump kembali ke perjanjian iklim Paris. (Foto: AFP).

Bos Bloomberg Harap Trump Berubah Pikiran soal Perubahan Iklim

Internasional donald trump ktt perubahan iklim
Marcheilla Ariesta • 06 Maret 2018 03:24
New York: Miliarder Michael Bloomberg mengatakan dirinya berharap Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengubah pikirannya mengenai perubahan iklim. Sebagai utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk iklim, dia ingin menjadikan AS sebagai tuan rumah konferensi kemajuan iklim tahun depan.
 
"Harapan saya, Presiden Trump mendengarkan para penasihatnya dan melihat data (mengenai perubahan iklim) dan mengubah pikirannya," kata Bloomberg, seperti dilansir dari laman AFP, Selasa 6 Maret 2018.
 
"Jika itu terjadi, ini akan menunjukkan seorang pemimpin hebat karena mengenali perubahan yang terjadi di sekitarnya, termasuk iklim. Tanpa terikat pada apa yang mereka lakukan sebelumnya, mereka bersedia berubah," ungkap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Wali Kota New York ini akan ditugaskan mendukung rencana Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk menjadi tuan rumah sebuah konferensi besar tahun depan. Konferensi tersebut dihelat untuk mencatat kemajuan dalam melaksanakan kesepakatan iklim Paris.
 
Trump, secara mengejutkan mengumumkan rencana menarik AS keluar dari kesepakatan iklim Paris yang ditandatangani hampir 200 negara. Dia diperkirakan tidak akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi pada 2019 mendatang.
 
Bloomberg mengatakan akan berbicara dengan sang presiden. "Dia pasti tahu pandangan saya mengenai perubahan iklim," imbuhnya.
 
Menurut ketentuan dalam perjanjian Paris, Negeri Paman Sam akan secara resmi mengumumkan penarikan diri dari perjanjian tersebut tiga tahun setelah kesepakatan mulai berlangsung, yaitu pada 2019. Dan penarikan akan efektif setahun kemudian, tepatnya pada 2020.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif