Dubes RI Maftuh Abegebriel dan Menteri Garda Nasional, Pangeran Khalid bin Abdulaziz bin Ayyaf. (Foto: Dok. KBRI Riyadh).
Dubes RI Maftuh Abegebriel dan Menteri Garda Nasional, Pangeran Khalid bin Abdulaziz bin Ayyaf. (Foto: Dok. KBRI Riyadh).

Arab Saudi Ingin Peningkatan Kerja Sama Antiteror dengan RI

Internasional indonesia-arab saudi
Marcheilla Ariesta • 18 Oktober 2018 16:13
Riyadh: Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menemui Menteri Garda Nasional Pangeran Khalid bin Abdulaziz bin Ayyaf. Khalid memuji komitmen Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian dunia.
 
"Oleh sebab itu, kami Arab Saudi sebagai saudara Indonesia turut mendukung penuh terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020," katanya kepada Dubes Agus, dikutip dari pernyataan KBRI Riyadh, Kamis 18 Oktober 2018.
 
Selain itu, keduanya juga membahas upaya peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi, terutama di bidang pertahanan. Menurut Khalid, perlu ada peningkatan kerja sama dalam memberantas terorisme, paham-paham ekstrem dan meningkatkan kewaspadaan untuk keamanan di tingkat regional dan internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Agus mengatakan komitmen ini sesuai nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua negara pada saat kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud. "Indonesia juga siap mendukung langkah Putra Mahkota, Pangeran Mohammad bin Salman untuk membumikan dan menyebarkan Islam sebagai agama yang moderat dan cinta damai," katanyna.
 
"Visi Putra Mahkota sejalan dengan pandangan Islam ke-Indonesia-an yang hanya mengenal satu bahasa, yaitu bahasa perdamaian," imbuhnya.
 
Khalid menuturkan Indonesia merupakan mitra penting Arab Saudi. Dia juga menyampaikan dukungannya terhadap Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam Festival Janadriyah ke-33 pada 2019.
 
"Negara Anda memiliki segalanya. Saya yakin Indonesia akan memberikan penampilan yang luar biasa dan terbaik. Kami di Kementerian Garda Nasional sebagai penyelenggara festival siap mendukung apa yang diperlukan Indonesia," tukasnya.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif