Personel militer Saudi bersiaga di kota Aden, Yaman, 18 November 2019. (Foto: AFP/SALEH AL-OBEIDI)
Personel militer Saudi bersiaga di kota Aden, Yaman, 18 November 2019. (Foto: AFP/SALEH AL-OBEIDI)

Koalisi Saudi Bentrok dengan Suku Lokal di Yaman

Internasional konflik yaman
Arpan Rahman • 19 Februari 2020 12:59
Al-Mahra: Militer Arab Saudi terlibat bentrok dengan pasukan suku lokal di provinsi al-Mahra, Yaman, yang berada dekat perbatasan Oman. Bentrokan terjadi saat pasukan Saudi berusaha menyerbu kota Shahn dengan menggunakan persenjataan berat.
 
Seorang sumber dari suku lokal tersebut mengatakan kepada media Al Jazeera bahwa Saudi juga mengerahkan helikopter dan kendaraan tempur untuk menguasai Shahn. Ia mengklaim serangan tersebut berhasil dihalau.
 
Hingga saat ini koalisi pimpinan Saudi belum berkomentar mengenai bentrokan di al-Mahra. Sementara Komite Damai al-Mahra mengecam keras penyerangan Saudi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Komite mengecam pelanggaran yang dilakukan Saudi dan milisinya terhadap masyarakat kami," kata pernyataan itu.
 
"Serangan Saudi merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan dan identitas nasional Yaman," lanjutnya, dilansir dari Al Jazeera, Selasa 18 Februari 2020.
 
Demi mencegah serangan lebih lanjut, komite menyerukan seluruh suku di al-Mahra untuk berjuang menghalau operasi militer Saudi.
 
Provinsi al-Mahra selama ini relatif tidak tersentuh dalam konflik Yaman yang berkecamuk sejak 2015. Koalisi Saudi ikut serta dalam konflik tersebut untuk membantu pemerintah Yaman melawan pemberontak Houthi.
 
Pada 2017, koalisi Saudi mengerahkan pasukan ke al-Mahra karena menilai provinsi tersebut telah dijadikan titik penyelundupan senjata dari Oman ke Yaman.
 
Sejak konflik Yaman dimulai hingga saat ini, puluhan ribu orang telah tewas terbunuh dan jutaan lainnya terancam kelaparan. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut konflik Yaman sebagai pemicu krisis kemanusiaan terburuk di era modern.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif