Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto AFP).
Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto AFP).

Iran Siap Berdialog dengan AS

Internasional as-iran
Marcheilla Ariesta • 15 Juli 2019 08:02
Teheran: Iran siap berdialog dengan Amerika Serikat asalkan Washington mencabut sanksi. Negeri Paman Sam juga harus kembali ke kesepakatan nuklir 2015 yang dihentikan tahun lalu.
 
"Kami selalu percaya pada dialog, jika mereka mencabut sanksi mengakhiri tekanan ekonomi yang diberlakukan, dan kembali ke kesepakatan. Kami siap mengadakan pembicaraan dengan Amerika hari ini, sekarang dan di mana saja," kata Presiden Iran, Hassan Rouhani, dilansir dari RTE, Senin, 15 Juli 2019.
 
Presiden AS Donald Trump sebelumnya mengatakan pihkanya terbuka untuk berunding dengan Iran mengenai kesepakatan tentang nuklir dan keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketegangan kedua negara ini meningkat sejak AS memutuskan hengkang dari kesepakatan nuklir pada 2015. Namun, ketegangan meningkat saat AS menuduh Iran dalang penyerangan kapal di perairan Teluk dan Teheran mengeklaim menembak jatuh jet AS.
 
Baca:Trump Peringatkan Iran Soal Pengayaan Uranium
 
Prancis, Inggris, dan Jerman sebagai pihak yang ikut dalam kesepakatan nuklir itu menyerukan dialog antara semua pihak dilanjutkan kembali.
 
"Kami percaya waktunya telah tiba untuk bertindak secara bertanggung jawab dan mencari cara unutk menghentikan meningkatnya ketegangan dan melanjutkan dialog," kata mereka dalam pernyataan bersama yang dirilis Kantor Presiden Prancis.
 
Sebagai reaksi terhadap sanksi Washington, Teheran mengumumkan akan mengurangi komitmennya berdasarkan kesepakatan. Bahkan, Teheran akan meningkatkan pengayaan uranium melebihi batas kesepakatan yang telah ditandatangani pada 2015. Meski demikian, Iran melanjutkan penggunaan uranium untuk pembangkit energi.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif