Rekaman video yang diperoleh the New York Times menunjukkan pesawat Ukraina Internasional Airlines ditembak rudal: the New York Times
Rekaman video yang diperoleh the New York Times menunjukkan pesawat Ukraina Internasional Airlines ditembak rudal: the New York Times

Dua Rudal Iran Menghantam Pesawat Ukraina Terekam Kamera

Internasional kecelakaan pesawat iran as-iran
Fajar Nugraha • 15 Januari 2020 11:52
Teheran: Rekaman keamanan yang mengerikan muncul menunjukkan saat dua rudal Iran mengenai dan menjatuhkan sebuah pesawat Ukraina. Kejadian ini menewaskan 176 orang di dalam pesawat itu.
 
Rudal diluncurkan dari situs militer Iran sekitar 13 kilometer dari pesawat pada 8 Januari.
 
Dalam sebuah video yang diperoleh the New York Times, sebuah rudal pertama terlihat menembak ke arah Ukraina International Airlines Penerbangan 752, sebelum mengenai sasarannya. Tembakan itu menyalakan cahaya terang di langit malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Rudal pertama menonaktifkan transponder pesawat. Rekaman menangkap serangan kedua mengenai pesawat yang sudah rusak hanya 23 detik kemudian,” tulis the New York Times pada 14 Januari 2020 yang dikutip New Zealand Herald, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Pesawat kemudian terlihat terbakar sementara pilot berusaha untuk berputar kembali ke Bandara Internasional Teheran.
 
Tetapi hanya beberapa menit kemudian, pesawat itu meledak dan jatuh ke tanah, meskipun sempat menghindari Desa Khalaj Abad. Video baru ini direkam oleh kamera di atap sebuah bangunan dekat Desa Bidkaneh sekitar 6,5 kilometer dari situs militer Iran.
 
Akhir pekan lalu Iran mengatakan militernya 'secara tidak sengaja' menembak jatuh pesawat Ukraina. Pengakuan itu diutarakan setelah pemerintah Iran berulangkali membantah tuduhan Barat bahwa mereka bertanggung jawab.
 
Sebuah pernyataan militer yang dibawa oleh media pemerintah mengatakan pesawat itu keliru sebagai "target bermusuhan" setelah berbalik ke arah "pusat militer sensitif" milik Garda Revolusi.
 
“Militer berada pada tingkat kesiapan tertinggi," kata militer Iran, di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat saat itu.
 
"Dalam kondisi seperti itu, karena kesalahan manusia dan dalam cara yang tidak disengaja, penerbangan itu menabrak," kata pernyataan itu.
 
Mereka meminta maaf atas bencana tersebut dan mengatakan akan memperbarui sistemnya untuk mencegah ‘kesalahan’ seperti itu di masa depan. Iran juga mengatakan mereka yang bertanggung jawab atas serangan di pesawat akan dihukum.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif