Kunjungan Dubes RI untuk Tanzania ke Simiyu. (Foto: Dok. KBRI Dar Es Salaam)
Kunjungan Dubes RI untuk Tanzania ke Simiyu. (Foto: Dok. KBRI Dar Es Salaam)

Provisi Simiyu di Tanzania Tawarkan Investasi untuk Indonesia

Internasional indonesia-tanzania
Sonya Michaella • 18 Mei 2018 17:57
Dar Es Salaam: Duta Besar RI untuk Tanzania Ratlan Pardede mengunjungi Provinsi Simiyu untuk terus meningkatkan hubungan ekonomi antara Tanzania dan Indonesia.
 
Dubes Pardede menyampaikan potensi kerja sama di sektor kapas serta memperkenalkan kemampuan perusahaan Indonesia untuk berperan dalam pembangunan infrastruktur di Provinsi Simiyu.
 
"Indonesia berkeinginan kuat untuk dapat meningkatkan hubungan ekonomi dengan Tanzania khususnya dengan Provinsi Simiyu seperti pada sektor kapas, infrastruktur, pupuk, perhotelan dan pertanian," ujar Dubes Pardede, dalam keterangan tertulis KBRI Dodoma kepada Medcom.id, Jumat 18 Mei 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Simiyu siap mendorong kehadiran investor dan perusahaan asal Indonesia, bagi mereka yang serius Pemda siap memberikan lahan secara cuma-cuma untuk pembangunan pabrik dan lainnya.
 
Kunjugan lapangan juga dilakukan ke Alliance Ginnery, pabrik pengolahan kapas terbesar, serta UKM produsen alas kaki dan kapur tulis di Simiyu. Dari kunjungan ke Alliance Ginnery diperoleh informasi besarnya biaya penggunaan pupuk yang dalam proses produksi.
 
Mendengar hal tersebut, Dubes Pardede menginformasikan adanya produk pupuk organik Indonesia yang ramah lingkungan dengan harga terjangkau.
 
Selain itu, kerja sama pariwisata pun akan dijajaki Indonesia dengan Tanzania. Terdapat peluang besar bagi investor Indonesia untuk mendirikan hotel bagi para wisatawan yang akan bersafari ke Taman Nasional Serengeti melalui gerbang selatan yang berada di Provinsi Simiyu.
 
Peluang lain yang potensial adalah eskpor produk pupuk Indonesia serta pembukaan pabrik pupuk di Tanzania.
 
Simiyu merupakan provinsi yang baru berdiri di Tanzania yang memiliki akses langsung menuju Danau Victoria dan Taman Nasional Serengeti. Provinsi ini juga merupakan penghasil kapas terbesar di Tanzania.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif