Paviliun Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim ke-25 (COP25) di Rial Madrid, Spanyol. Foto: Medcom/Theofilus
Paviliun Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim ke-25 (COP25) di Rial Madrid, Spanyol. Foto: Medcom/Theofilus

"Diplomasi Bambu" Indonesia di COP25

Internasional perubahan iklim
Theofilus Ifan Sucipto • 03 Desember 2019 18:17
Madrid: Nuansa bambu terasa kental di Paviliun Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim ke-25 (COP25). Bambu menjadi salah satu jembatan Indonesia untuk berdiplomasi dengan dunia internasional.
 
Posisi Paviliun Indonesia yang strategis membuat peserta COP25 dari seluruh dunia menyempatkan diri berfoto. Bahkan, mereka mengunggahnya ke media sosial.
 
"Bambu memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang menghadiri konferensi tingkat tinggi UNFCCC," ujar Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Agus Justianto di lokasi, Madrid, Spanyol, Senin 2 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jalinan bambu menghiasi seluruh dinding paviliun yang berukuran 300 meter persegi. Bambu tersebut dipasang dua pintu masuk dan sisi-sisi Paviliun.
 

Paviliun Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim ke-25 (COP25) di Rial Madrid, Spanyol. Foto: Medcom/Theofilus Ifan Sucipto.
 
Menurut Agus, bambu bisa membantu menghadapi perubahan iklim jika dimanfaatkan dengan baik. Apalagi, kata dia, bambu ramah lingkungan dan mudah tumbuh di mana saja.
 
"Di Tiongkok dia sudah bisa jadi bahan laminating, particle board yang kekuatannya hampir sama dengan kayu," ucap dia.
 
Agus berharap bambu kian memikat peserta COP25. Selain itu, dia menargetkan ribuan peserta mengikuti 43 sesi talkshow di Paviliun Indonesia.
 
"Harapannya lima ribu orang berkunjung ke stan Indonesia," pungkasnya.
 

Paviliun Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim ke-25 (COP25) di Rial Madrid, Spanyol. Foto: Medcom/Theofilus Ifan Sucipto.
 

COP25 merupakan konferensi perubahan iklim yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Konferensi tersebut menjadi ajang negara peserta membahas aksi nyata melawan dampak perubahan iklim.
 
Acara berlangsung sejak Senin, 2 Desember hingga Jumat, 13 Desember 2019. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memamerkan langkah nyata Indonesia melawan perubahan iklim di Paviliun Indonesia. Agenda perdana COP25 adalah pertemuan tingkat tinggi. Pertemuan itu diikuti pemerintah dan perwakilan negara peserta.
 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif