Tiga Imigran Ditemukan Tewas Membeku di Turki
Keluarga imigran berada di kamp penahanan di perbatasan Yunani-Turki, 1 November 2018. (Foto: AFP/ARIS MESSINIS)
Ankara: Tiga imigran ditemukan tewas dalam kondisi tubuh membeku di tiga lokasi terpisah di desa perbatasan Turki. Jasad pertama yang diketahui berasal dari Afghanistan ditemukan di Desa Serem, Provinsi Edirne, yang berbatasan dengan Yunani.

Seperti dilaporkan kantor berita Anadolu, Selasa 4 Desember 2018, dua jasad lainnya ditemukan di desa Akcadam dan Adasarhanli. Kewarganegaraan keduanya belum diketahui.

Ketiganya diyakini tewas akibat suhu dingin ekstrem. Jasad ketiganya telah dikirim ke Istanbul untuk diperiksa lebih lanjut.


Selain menemukan tiga jasad, otoritas Turki menangkap seorang pria asal Afghanistan bernama Jamaluddin Malangi. Ia mengatakan kepada awak media di Edirne bahwa kepolisian Yunani mengusirnya kembali ke Turki dengan menggunakan sebuah kapal via Sungai Evros.

Baca: Yunani Kirim Balik Imigran Irregular ke Turki

Area tersebut adalah titik perlintasan utama bagi pengungsi dan imigran yang ingin mencoba memasuki Uni Eropa.

Malangi, yang mengklaim mengenal satu dari tiga jasad membeku, mengatakan bahwa mereka semua mencoba mencari pertolongan usai mencapai Yunani. Ketiganya disebut meminta tolong warga dengan mendatangi satu per satu rumah di perbatasan.

"Kami mencari pertolongan. Seseorang pasti memanggil polisi, dan petugas pun datang menangkap kami. Pertama-tama mereka membawa kami ke kantor polisi, kemudian kami dibawa ke sungai," tutur Malangi, dikutip oleh Anadolu.

"Setelah itu kami dikirim kembali ke Turki," lanjutnya.

Menurut data Yunani, lebih dari 14 ribu imigran gelap telah menyeberang dari Turki sepanjang tahun ini. Jumlahnya melonjak tajam dari hanya 5.500 tahun lalu.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id