Serangan Arab Saudi Tewaskan Dua Komandan Houthi
Pesawat jet tempur F-15 milik Arab Saudi. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)
Riyadh: Sebuah serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di ibu kota Yaman menewaskan puluhan anggota pemberontak Houthi, termasuk sedikitnya dua komandan.

Saluran televisi Arab Saudi, Al-Ekhbariya, melaporkan pada Sabtu 28 April 2018 bahwa dua petinggi termasuk dari 50 lebih Houthi yang tewas dalam gempuran pada Jumat malam. 

Sementara saluran televisi Al-Arabiya menyebutkan total 38 pemberontak tewas dalam serangan ke bangunan kementerian dalam negeri Houthi.


Houthi mengonfirmasi adanya sebuah serangan udara di Sanaa, tapi tidak memberikan detail lebih lanjut.

Serangan terjadi beberapa jam menjelang upacara pemakaman kepala politik Houthi, Saleh al-Sammad. Ia tewas dalam serangan udara koalisi Arab Saudi pekan lalu. 

Gempuran juga terjadi saat Menteri Luar Negeri baru Amerika Serikat Mike Pompeo dijadwalkan mendarat di Riyadh untuk sejumlah pertemuan, termasuk soal konflik di Yaman. 

Koalisi Arab Saudi terlibat dalam konflik Yaman sejak 2015. Banyak pihak menilai konflik Yaman adalah perang proksi antara Arab Saudi melawan Iran yang mendukung pemberontakan Houthi. 

Hampir 10 ribu orang tewas dalam konflik di Yaman, yang disebut Perserikatan Bangsa-Bangsa telah memicu bencana kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah dunia. 

Saat ini, Yaman berada di jurang kelaparan. 



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360