NEWSTICKER
Kapal induk Prancis. (Foto: AFP)
Kapal induk Prancis. (Foto: AFP)

UE Sepakat Bantu PBB Perketat Embargo Senjata Libya

Internasional konflik libya uni eropa
Arpan Rahman • 18 Februari 2020 16:02
Brussels: Uni Eropa sepakat mengirim sejumlah kapal perang untuk menghentikan aliran senjata ke Libya. Pengiriman kapal ini merupakan bagian dari upaya membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa menegakkan embargo senjata terhadap Libya.
 
Josep Borrel, ketua diplomat UE, mengumumkan bahwa 27 menteri luar negeri blok tersebut telah sepakat meluncurkan operasi baru yang melibatkan kapal perang, pesawat, dan juga satelit. Tujuan dari operasi adalah memperketat penerapan embargo senjata Libya.
 
Untuk menepis anggapan bahwa operasi ini dapat berubah menjadi misi penyelamatan imigran, Borrell berjanji bahwa semua kapal perang UE akan ditarik mundur jika ternyata hanya mendorong lebih banyak orang untuk menyeberangi Libya menuju Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Janji Borrell membantu menurunkan suara penentangan dari Italia dan Austria. Borrell menyebut perjanjian pengiriman kapal ini terwujud usai para menlu UE berdiskusi dalam waktu yang cukup lama.
 
Ia bahkan mengaku sempat merasa tidak yakin mereka semua akan mencapai kesepakatan. "Itu merupakan diskusi terlama yang pernah saya ingat," kata Borrell, disitir dari Guardian, Senin 17 Februari 2020.
 
Selama ini, senjata api dan tentara bayaran terus masuk ke Libya tanpa pengawasan berarti. Hal tersebut secara tidak langsung memperlihatkan kelemahan Eropa sebagai tetangga Libya yang dipisahkan Laut Mediterania.
 
Akhir pekan kemarin, Wakil utusan Khusus PBB untuk Libya, Stephanie Wiliams, menilai embargo senjata terhadap Libya sama sekali tidak berjalan efektif.
 
Banyaknya senjata dan tentara bayaran semakin memperburuk konflik di Libya, yang berlangsung antara pasukan pemerintah dan loyalis Jenderal Khalifa Haftar.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif