Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menolak mundur dari jabatannya (Foto: AFP).
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menolak mundur dari jabatannya (Foto: AFP).

Presiden Zimbabwe Ogah Turun Jabatan

Internasional zimbabwe
Sonya Michaella • 20 November 2017 08:40
Harare: Presiden Zimbabwe Robert Mugabe mengindikasikan dirinya ogah untuk turun jabatan, meski desakan muncul dari berbagai pihak.
 
Lewat sebuah pidato yang disiarkan stasiun televisi pemerintah, Mugabe menyatakan dirinya masih berkuasa meski diguncang pengambilalihan oleh militer.
 
"Kongres Partai Berkuasa ZANU-PF), saya yang akan memimpin prosesnya," ucap Mugabe, dikutip dari AFP, Senin 20 November 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pidatonya tersebut, Mugabe juga tidak menyebutkan keinginannya untuk mengundurkan diri.
 
Sebagai gantinya, dia memberikan penghormatan kepada tiga pilar kekuasaan di Zimbabwe, yakni militer, partai berkuasa dan gerakan veteran dan juga mendesak solidaritas nasional.
 
"Apapun pro dan kontra dan bagaimana mereka (tentara) melakukan operasi mereka, saya sebagai panglima tertinggi, mengakui kekhawatiran mereka," kata Mugabe lagi.
 
"Kita harus belajar untuk memaafkan dan menyelesaikan kontradiksi yang nyata atau dirasakan secara konsisten oleh warga Zimbabwe," lanjutnya.
 
Pidatonya ini jelas membuat rakyat Zimbabwe berang. Kepala Asosiasi Veteran Perang yang paling berpengaruh di Harare, Chris Mutsvangwa mengatakan bahwa pemakzulan harus dilakukan dan unjuk rasa akan kembali pecah.
 
Sementara itu, Mugabe sendiri sudah dicopot dari posisinya sebagai ketua umum Partai ZANU-PF. Posisi Mugabe dikabarkan diganti oleh Emmerson Mnangagwa, mantan wakil presiden yang baru saja dipecat Mugabe.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi