Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan istrinya Mehriban (Foto: AFP).
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan istrinya Mehriban (Foto: AFP).

Presiden Azerbaijan Angkat Istri sebagai Wakil Presiden

Internasional azerbaijan
Arpan Rahman • 22 Februari 2017 15:12
medcom.id, Baku: Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, Selasa 21 Februari menunjuk istrinya Mehriban menjadi Wakil Presiden. Istrinya, yang seorang sosialita terpandang, kini menduduki baris kedua untuk kursi jabatan presiden dalam hirarki negara tersebut.
Penunjukan sosialita Mehriban ke posisi tertinggi kedua di negara tepi Laut Kaspia yang kaya minyak ini telah memicu kecaman dari oposisi.
"Mehriban Aliyeva merupakan orang yang sangat profesional, cerdas, berpengalaman dan berprinsip serta baik hati," kata Aliyev di hadapan Dewan Keamanan Azerbaijan.
"Bukan kebetulan kalau rakyat Azeri sangat mencintainya," sambungnya, seperti dikutip Deutsche Welle, Selasa 21 Februari 2017.
Jabatan resmi Mehriban akan dinamakan Wakil Presiden Utama. Posisi ini baru diperkenalkan September tahun lalu menyusul referendum publik tentang reformasi konstitusi. Tapi konstitusi baru tidak menetapkan perannya dalam tugas-tugas yang diperlukan, meskipun diperkirakan termasuk mengawasi kabinet Presiden.
Wakil Presiden Utama juga bertindak sebagai pejabat presiden jika presiden berhalangan melakukan tugasnya. Konstitusi yang baru direformasi juga membuat jabatan berupa Wakil Presiden Muda, meskipun posisi ini masih lowong.
Ilham Aliyev mengambil alih kepresidenan pada 2003 dari ayahnya, yang memerintah Azerbaijan pertama kali sebagai bos Partai Komunis dan kemudian menjadi pemimpin pasca-Soviet. Aliyev melaju untuk masa jabatan ketiga pada 2013, mengalahkan oposisi terbatas; kemenangan yang memberi tiga kali kekuasaan keluarganya atas Azerbaijan dalam satu dekade.
Sejumlah kelompok HAM menuduh Aliyev membatasi kebebasan berbicara, menghalangi pemilu yang adil, dan memenjarakan para pembangkang. "Presiden Ilham Aliyev adalah orang yang paling bertanggung jawab atas catatan hak asasi manusia yang mengerikan Azerbaijan selama dekade terakhir," kata pemantau pro-demokrasi Freedom House.
Namun, pendukung presiden membela pemerintahannya telah membawa kemakmuran dan stabilitas negara di Kaukasus selatan, wilayah yang terlibat sejumlah konflik sejak runtuhnya Uni Soviet pada 1991.
Tahun lalu, anjloknya harga minyak mendorong naiknya harga barang pokok, kemudian memicu berbagai kerusuhan di beberapa kota di luar ibu kota Baku. Sejak harga minyak membaik, situasi pun telah stabil kini.
Langkah Mundur Kembali ke 'Abad pertengahan, Zaman Feodal'
Anggota parlemen oposisi telah mengecam penunjukan Mehriban sebagai Wakil Presiden Utama, menggambarkannya sebagai penyalahgunaan kekuasaan oleh keluarga yang berkuasa.
"Penunjukan ini menunjukkan rasa tidak hormat kepada rakyat," kata Ali Kerimli, pemimpin oposisi Azerbaijan asal Popular Front Party. "Ini langkah pertama menuju pembentukan sebuah monarki absolut di negeri ini."
Pemimpin oposisi dari Equality Party, Isa Gambar, berkata bahwa langkah ini "memundurkan Azerbaijan kembali ke abad pertengahan, zaman feodal. Aturan kekeluargaan tidak punya tempat di abad ke-21."
Ibu Negara yang Pandai Berdandan
Sebagai seorang dokter mata yang terlatih, Mehriban berasal dari salah satu keluarga Azerbaijan terkaya dan paling berpengaruh, Pashayevs.
Walau pengalaman politiknya terbatas, ia sebelumnya telah menjadi anggota parlemen dan duta UNESCO. Perannya yang paling menonjol sampai saat ini sebagai ketua Heydar Aliyev Foundation, organisasi filantropi yang dinamai dari nama ayah Ilham Aliyev.
Mehriban mungkin paling dikenal karena selera mewahnya dan gaunnya yang penuh gaya. Tampilannya muncul dalam kabel bocoran diplomatik Wikileaks 2010, di mana ia dijuluki "ibu negara yang pandai berdandan."
"Ibu Negara Mehriban Aliyeva tampaknya telah menjalani operasi kosmetik supaya cantik, barangkali di luar negeri, dan memakai gaun yang akan dianggap merangsang bahkan di dunia Barat," bocoran kabel itu melaporkan.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif