Lima Prajurit Niger Tewas Diserang Boko Haram
Video yang dirilis Boko Haram pada 15 Januari 2018 memperlihatkan Abubakar Shekau. (Foto: AFP/Boko Haram)
Toummour: Sedikitnya lima prajurit Niger tewas dan puluhan lainnya terluka dalam sebuah serangan yang dilancarkan kelompok militan Boko Haram di wilayah tenggara. Laporan disampaikan sejumlah sumber kepada AFP, Jumat 19 Januari 2018.

"Terdapat lima jasad prajurit dan puluhan lainnya terluka akibat serangan Boko Haram di Toummour," ujar seorang sumber. 

Satu sumber lainnya mengatakan "sedikitnya lima prajurit dan satu warga sipil" tewas dalam serangan tersebut.


Toummour terletak di kawasan Diffa, yang berbatasan langsung dengan Nigeria dan Chad. Kawasan ini dilanda serangkaian serangan Boko Haram sejak Februari 2015, meski relatif tenang dalam beberapa bulan terakhir.

Pekan lalu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan terjadi penurunan drastis dalam hal jumlah warga Niger yang diculik, dibunuh atau dilukai Boko Haram sepanjang 2017. Angkanya adalah 141 tahun lalu berbanding 277 pada 2016. 

Boko Haram mulai memberontak di Nigeria bagian timur laut pada 2009, yang kemudian berpisah menjadi negara sendiri, Niger. Pemberontakan ini juga berimbas pada negara tetangga seperti Chad dan Kamerun. 

Secara keseluruhan, sekitar 20 ribu orang tewas dan lebih dari 2,6 juta kehilangan tempat tinggal akibat pemberontakan Boko Haram.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id