Mahasiswa RI di Mesir Ikuti Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019
Mahasiswa Indonesia di Mesir yang mengikuti sosialisasi pemilu. (Foto: Dok. KBRI Kairo)
Kairo: Lebih dari 28 persen mahasiswa Indonesia di Mesir merupakan pemilih pemula dalam pemilihan umum 2019 mendatang. KBRI Kairo mengimbau agar mereka mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif soal tahapan pemilu.

"Saya berpesan kepada mahasiswa Indonesia di Mesir, laksanakan hak pilih kalian di dalam Pemilu, pilihlah sesuai keyakinan hati nurani kalian, karena hal itu merupakan sumbangan besar demi masa depan bangsa," kata Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzy dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Senin 30 April 2018.

Sementara itu Sekretaris Jenderal KPU, Arif Rahman Hakim, pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa WNI di manapun mereka berada, termasuk di luar negeri, memiliki hak pilih yang sama. 


"KPU RI membentuk Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di 130 negara dalam rangka menfasilitasi WNI yang ada di luar negeri agar bisa berpartisipasi  dalam Pemilu," ujar Arif.

Selama empat hari di Mesir, delegasi KPU selain menyampaikan sosialisasi Tahapan Pemilu kepada Masyarakat Indonesia di Mesir, juga menyelenggarakan Bimtek PPLN yang diikuti oleh Anggota dan Sekretariat PPLN dari sembilan perwakilan yaitu Abuja, Addis Ababa, Cairo, Karachi, Muscat, Rabat, Sanaa’, dan Tunisia. 



"Sebagai Penyelenggara Pemilu, PPLN-PPLN ini harus memiliki pemahaman yang sama tentang tahapan Pemilu, agar target partisipasi pemilih sebesar 87,5 persen dapat dicapai," tukasnya. 

Acara sosialisasi tahapan Pemilu yang dihadiri oleh Pimpinan dan Staf KBRI Kairo bersama lebih dari 300 masyarakat dan mahasiswa Indonesia tersebut mendapat sambutan yang sangat antusias. 




(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id