Pemimpin oposisi Kongo, Martin Fayulu, menyerukan pergerakan massa. (Foto: AFP).
Pemimpin oposisi Kongo, Martin Fayulu, menyerukan pergerakan massa. (Foto: AFP).

Klaim Dicurangi, Capres Kongo Serukan Pergerakan Massa

Internasional rd kongo
Marcheilla Ariesta • 29 April 2019 17:25
Kinshasa: Pemimpin oposisi Kongo, Martin Fayulu, mengatakan kemenangan 'dirampok' dari dirinya dalam pemilihan presiden Republik Demokratik Kongo (RD Kongo). Dia kemudian menyerukan kekuatan rakyat untuk mengusir Presiden Felix Tshisekedi.
 
Melihat pemberontakan rakyat di Aljazair dan Sudan, ia yakin rakyat Kongo dapat mencapai hal yang sama. Dia menuturkan hal tersebut ke ribuan pendukungnya di ibu kota Kinshasa.
 
"Kali ini, kami kembali memanggil untuk mendapatkan pengunduran diri Felix Tshisekedi. Dia memalukan, dia menjual negara ini," kata Fayulu, dilansir dari laman The Independent, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kekuatan masyarakat kita lebih kuat dari pasukan mana pun di dunia. Di Sudan dan Aljazair, mereka telah mendapatkan keinginan agar pemimpinnya mundur. Di sini, kita harus melakukan hal yang sama terhadap Kabila dan Tshisekedi," imbuhnya.
 
Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika mengundurkan diri pada awal April ini, usai protes selama beberapa pekan. Sementara itu, beberapa pejabat dan pengusaha yang dekat dengannya dipecat atau ditahan karena tuduhan korupsi.
 
Sementara itu, protes rakyat di Sudan menyebabkan dewan militer mengusir pemimpin veteran Omar al-Bashir pada April ini. Bahkan para pendemo menyepakati dewan sipil-militer bersama-sama untuk membuka jalan menuju pemerintahan sipil.
 
Fayulu telah berulang kali mengatakan hasil pemilihan umum pada Desember lalu akan membuat Tshisekedi dan Joseph Kabila kalah.
 
Hasil pemilu resmi keluar dan dia mendapatkan suara sebanyak 34,8 persen, sedangkan Tshisekedi memperoleh 38,5 persen. Namun, Fayulu menegaskan dia memperoleh sekitar 60 persen suara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif