Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)

Siklon Kenneth Tewaskan Tiga Orang di Mozambik

Internasional topan badai Mozambik
Willy Haryono • 27 April 2019 11:14
Cabo Delgado: Tiga orang tewas terkena imbas Siklon Kenneth yang menerjang Mozambik bagian utara sejak Kamis 25 April malam waktu setempat. Banjir akibat hujan deras yang dibawa Kenneth dikhawatirkan masih membahayakan keselamatan warga untuk beberapa hari ke depan.
 
Dilansir dari laman AccuWeather, Jumat 26 April 2019, Kenneth adalah siklon tropis pertama dengan kekuatan setara badai yang melanda Cabo Delgado sejak 60 tahun terakhir.
 
Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kedatangan Kenneth menandai kali pertama Mozambik dilanda dua siklon dahsyat dalam satu musim. Sebelum Kenneth, Mozambik telah terlebih dahulu diterjang Siklon Idai yang menewaskan ratusan orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenneth tiba di Cabo Delgado, sekitar 100 kilometer dari Pemba, pada Kamis malam. Selama 10 menit, kecepatan putaran angin Kenneth sempat mencapai 200 km per jam, setara dengan kekuatan badai Kategori 4 di Atlantik atau Pasifik.
 
Badan Meteorologi Prancis Meteo France mengestimasi Kenneth dapat memicu gelombang tinggi antara 3-5 meter di sepanjang pesisir Momzabik. Satelit NOAA-20 memperlihatkan pergerakan Kenneth yang melanda Mozambik dan bergerak ke arah Tanzania.
 
Tim Palang Merah di Mozambik utara melaporkan adanya kerusakan parah di sejumlah kota dan permukiman warga yang terkena imbas Kenneth sejak Kamis malam.
 
Seorang perempuan tewas tertimpa pohon tumbang di Pemba. Sementara dua orang lainnya dilaporkan tewas dalam insiden terpisah di Ibo Island.
 
Sekitar 90 persen rumah di desa utama di Ibo Island hancur terkena Kenneth. Ibo terletak di dekat lokasi pertama kali datangnya Kenneth di Mozambik.
 
Aliran listrik terputus di Ibo Island, dan jaringan telepon juga menghilang usai Kenneth menjatuhkan sebuah menara telekomunikasi.
 
Sebelum tiba di Mozambik, Kenneth menewaskan tiga orang di negara pulau Komoro pada Rabu malam.
 
Baca:Topan dengan Kekuatan Besar Menghantam Mozambik

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif