Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)

Dua Ledakan Guncang Suriah, Sejumlah Orang Tewas

Internasional krisis suriah suriah membara konflik suriah
Willy Haryono • 20 Januari 2019 18:30
Afrin: Ledakan bom di sebuah bus di Afrin, Suriah, Minggu 20 Januari 2019, menewaskan tiga warga sipil. Ledakan terjadi dalam momen peringatan satu tahun serangan Turki ke Afrin, wilayah di Suriah yang didominasi etnis Kurdi.
 
Sembilan orang lainnya, termasuk beberapa milisi, terluka dalam ledakan tersebut. Kabar disampaikan kepala dari grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), Rami Abdel Rahman, kepada kantor berita AFP.
 
Pasukan Turki dan beberapa grup pemberontak Suriah bekerja sama dalam merebut Afrin dari pasukan Kurdi pada Maret tahun lalu. Afrin direbut usai terjadi pertempuran selama lebih kurang dua bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Tentara Turki dan Suriah Kepung Kota Afrin
 
"Bom ditaruh seseorang di dalam sebuah bus di Afrin pusat," kata Abdel Rahman.
 
Belum diketahui siapa yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Ini merupakan ledakan kedua di Afrin sejak 16 Desember 2018, saat yang kali pertama menewaskan sembilan orang, termasuk lima warga sipil.
 
Serangan bom pertama terjadi usai Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengancam melancarkan operasi militer baru terhadap Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di Suriah.
 
Turki menuduh YPG sebagai "teroris," namun milisi Kurdi adalah tulang bulang dari aliansi pimpinan Amerika Serikat dalam menghadapi kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah.
 
Dalam peristiwa terpisah di Suriah di hari yang sama, sebuah ledakan mengguncang Damaskus. Kantor berita nasional SANA menyebut "seorang teroris" berhasil ditangkap terkait ledakan tersebut.
 
SOHR mengonfirmasi adanya "ledakan besar" di dekat kantor intelijen di Damaskus selatan. Ledakan menewaskan sejumlah orang dan melukai beberapa lainnya.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif