NEWSTICKER
Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio. Foto: Tiziana FABI/AFP
Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio. Foto: Tiziana FABI/AFP

Angka Kematian Bertambah, Italia Putus Asa Hadapi Korona

Internasional Virus Korona italia Coronavirus
Marcheilla Ariesta • 28 Februari 2020 08:20
Roma: Jumlah kematian akibat virus korona Covid-19 di Italia terus bertambah dengan total 17 jiwa. Pemerintah Italia putus asa menghadapi wabah ini, meski demikian menurut mereka hanya berdampak pada sebagian kecil negara tersebut.
 
Pejabat setempat mengatakan jumlah korban per Rabu lalu menjadi 17 orang, sementara jumlah orang yang dites positif meningkat lebih dari 200, menjadi 650 orang.
 
"Informasi menyesatkan mengenai epidemi ini akan lebih merusak Italia daripada risiko dari virus itu sendiri," kata Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio, dilansir dari Channel News Asia, Jumat 28 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hanya 0,1 persen dari negara yang akan terkena dampak," imbuhnya.
 
Virus korona terus menyebar di Eropa, namun Italia seperti menjadi pusat epidemi ini. Di negara-negara Eropa lain misalnya, Jerman memiliki 27 kasus, Prancis sebanyak 18 kasus, dan Spanyol 15 kasus.
 
Para analis memperingatkan wabah ini tampaknya akan membawa ekonomi Italia dalam resesi keempat selama 12 tahun terakhir. Dilaporkan ada banyak bisnis yang macet dan pembatalan reservasi hotel di sebelah utara Italia.
 
Think tank yang berpusat di Bologna memperkirakan produk domestik bruto akan jatuh pada 2020 ini.
 
Meskipun wabah ini difokuskan di kota Lombardy dan Veneto, pemerintah setempat telah melarang acara publik di seluruh wilayah dan menutup sekolah, universitas, bioskop, teater, dan museum.
 
Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Walter Ricciardi mengatakan bahwa pengujian skala besar di Italia, tidak sesuai dengan pedoman WHO yang diikuti negara lain.
 
Meski demikian, pejabat kesehatan Italia menuturkan meskipun jumlah kasus meningkat, mereka yang telah pulih juga bertambah menjadi 45 orang.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif