Badai di Afrika Selatan menyebabkan banjir di Eastern Cape. (Foto: AFP).
Badai di Afrika Selatan menyebabkan banjir di Eastern Cape. (Foto: AFP).

Badai di Afrika Selatan Tewaskan 32 Orang

Internasional afrika selatan
Marcheilla Ariesta • 24 April 2019 11:34
Capetown: Sebuah badai dahsyat di Afrika Selatan telah menewaskan 32 orang. Semua korban diketahui berasal dari Provinsi KwaZulu-Natal (KZN).
 
"Badai menghantam wilayah itu sejak Senin malam," kata Departemen Tata Kelola Koperasi dan Urusan Tradisional (COGTA), dilansir dari laman Bernama, Rabu, 24 April 2019.
 
Laporan awal mengindikasikan ada 21 korban tewas akibat badai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Provinsi Eastern Cape juga dilaporkan dilanda cuaca buruk, yang memicu banjir bandang di wilayah Port St Johns.
 
Banjir membuat Angkatan Udara Afrika Selatan mengirim helikopter untuk membantu operasi penyelamatan. Ratusan orang dievakuasi ke aula komunitas dan gereja yang dinilai aman dari ancaman banjir.
 
"Setelah hujan lebat dan banjir yang berimbas pada penduduk di Port St Johns, Menteri Pertahanan dan Veteran Militer NN Mapisa Nqakula telah menginstruksikan Pasukan Pertahanan Nasional Afrika Selatan (SANDF) melakukan intervensi untuk membantu penyelematan dan warga yang mengungsi," pungkas SANDF.
 
Mozambik juga tengah diancam badai yang mengakibatkan Topan. Topan Idai, badai paling kuat yang melanda kawasan ini mewaskan sekitar seribu orang di Mozambik dan Zimbabwe dalam beberapa tahun terakhir.
 
Badai itu diperkirakan akan mendarat akhir pekan ini di Provinsi Cabo Delgado. Badai ini telah 'meneror' penduduk di desa-desa terpencil selama 18 bulan terakhir.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif