Ilustrasi grafik guncangan gempa bumi. (Foto: AFP)
Ilustrasi grafik guncangan gempa bumi. (Foto: AFP)

Gempa 6,2 SR Guncang Kaledonia Baru

Internasional gempa bumi Kaledonia Baru
Willy Haryono • 19 Mei 2019 20:04
Noumea: Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang Kaledonia Baru pada Minggu 19 Mei 2019. Dalam laporan awal Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, gempa disebutkan berkekuatan 6,8 SR.
 
Dilansir dari laman Express, USGS menyebut gempa berlokasi sekitar 179 kilometer dari Tadine dan berada di kedalaman 14 kilometer.
 
Terjadi pada pukul 12.23 siang waktu setempat, gempa tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Guncangan juga tidak memicu peringatan gelombang tsunami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kaledonia Baru adalah negara pulau kecil yang terletak di antara Australia dan Fiji. Desember tahun lalu, Kaledonia Baru sempat menjalankan prosedur "evakuasi" setelah adanya peringatan gelombang tsunami hingga setinggi tiga meter.
 
Evakuasi dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap gempa 7,6 SR saat itu. Peringatan tsunami muncul karena gempa tersebut terjadi cukup dangkal.
 
Satu hari setelahnya, peringatan tsunami dicabut untuk sekitar 270 ribu orang di Kaledonia Baru.
 
Gempa 7,6 SR tersebut tidak menimbulkan kerusakan berarti di Kaledonia Baru. Bertolak belakang, gempa dan tsunami di Palu serta Donggala menewaskan banyak orang dan memicu kerusakan dahyat.
 
Korban jiwa musibah di Palu dan Donggala menewaskan hampir 5.000 orang, dan membuat sekitar 206 ribu kehilangan tempat tinggal.
 
Berbeda dari Kaledonia Baru, Indonesia terletak di jantung dari Cincin Api, atau Ring of Fire -- wilayah rentan dilanda aktivitas seismik dan vulkanik.
 
Baca:Ilmuwan Terkejut dengan Kekuatan Tsunami di Palu
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif