Pasukan SDF di Al Hazeema, Suriah. (Foto: AFP)
Pasukan SDF di Al Hazeema, Suriah. (Foto: AFP)

Prajurit Inggris Terluka Parah Terkena Misil ISIS

Internasional krisis suriah isis konflik suriah
Arpan Rahman • 06 Januari 2019 10:20
Damaskus: Dua personel pasukan khusus Inggris terluka parah terkena serangan misil kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah. Kantor berita Sky News menyebut insiden tersebut juga menewaskan satu anggota pasukan Kurdi pada Sabtu 5 Januari 2019 pagi waktu setempat.
 
Kedua prajurit Inggris itu dilaporkan telah diterbangkan dari lokasi oleh pasukan Amerika Serikat untuk dirawat. Selama ini, militer AS dan Inggris bekerja sama dengan pasukan Kurdi untuk menghadapi ISIS di Suriah utara.
 
Media Kurdi, Rudaw, melaporkan bahwa serangan terhadap Pasukan Demokratik Suriah (SDF) itu terjadi di Deir Ezzor. "Serangan misil ISIS menewaskan satu personel YPG dan melukai satu lainnya. Dua prajurit Inggris juga menjadi korban," ucap seorang personel SDF kepada Rudaw.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan terjadi usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim pada 19 Desember lalu bahwa ISIS telah dikalahkan di Suriah. Karena mengklaim demikian, ia pun kemudian mengumumkan akan menarik seluruh personel militer AS dari Suriah.
 
Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt kemudian mengeluarkan pernyataan kontradiktif pekan ini, yang menyatakan bahwa ISIS di Suriah "sama sekali" belum dikalahkan.
 
Trump juga mengubah pernyataannya di penghujung tahun 2018. Seorang senator senior Partai Republik mengatakan Trump berjanji akan terlebih dahulu menghancurkan ISIS di Suriah sebelum nantinya menarik seluruh pasukan dari negara tersebut.
 
"Presiden memahami pentingnya menyelesaikan pekerjaan," tutur Lindsey Graham kepada awak media di luar Gedung Putih. Ia menyebut Trump mengutarakan niatnya itu dalam sebuah sesi makan siang sekaligus rapat selama dua jam.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi