Pendukung pemberontak Houthi beraksi di Sanaa, Yaman, 25 Juni 2018. (Foto: AFP/MOHAMMED HUWAIS)
Pendukung pemberontak Houthi beraksi di Sanaa, Yaman, 25 Juni 2018. (Foto: AFP/MOHAMMED HUWAIS)

Houthi Klaim Serang Gudang Senjata Saudi di Najran

Internasional konflik yaman arab saudi
Willy Haryono • 21 Mei 2019 09:28
Sanaa: Pemberontak Houthi asal Yaman mengaku telah meluncurkan sebuah pesawat tanpa awak yang dipasangi bom ke sebuah bandara di Arab Saudi. Di bandara tersebut juga ada sebuah pangkalan militer.
 
Berdasarkan situs berita Al-Masirah pada Selasa 21 Mei 2019, Houthi menyerang bandara di Najran dengan menggunakan drone tipe Qasef-2K. Serangan disebut mengenai "sebuah gudang senjata."
 
Sementara dalam pernyataan sebelumnya dari media Saudi Press Agency (SPA), juru bicara koalisi militer pimpinan Saudi Kolonel Turki al-Maliki mengatakan bahwa Houthi "mencoba menyerang" sebuah situs warga sipil di Najran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan kemarin, Houthi meluncurkan serangan terkoordinasi dengan menggunakan drone ke kilang minyak Saudi. Serangan dilakukan di tengah ketegangan antara Iran dengan Amerika Serikat.
 
Houthi menegaskan serangan tersebut merupakan respons atas agresi yang terus dilakukan Arab Saudi dalam konflik Yaman.
 
Merespons serangan, Saudi mengumumkan rencana menggelar pertemuan darurat para pemimpin negara-negara Teluk Arab pada 30 Mei mendatang, untuk membicarakan mengenai serangan terhadap dua kilang minyak dan beberapa tanker belum lama ini.
 
Sementara terkait serangan terhadap empat tanker di lepas pantai Uni Emirat Arab, Saudi mengaku masih menginvestigasinya.
 
Penyelidikan juga dilakukan bersama UEA dan Norwegia. Sejumlah pihak menduga Garda Revolusioner Iran (IRHC) memfasilitasi serangan terhadap empat tanker tersebut.
 
Baca:Kilang Minyak Diserang, Saudi Jadwalkan Pertemuan Darurat
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif