Tank Israel di wilayah perbatasan dengan Suriah. Foto: AFP
Tank Israel di wilayah perbatasan dengan Suriah. Foto: AFP

Israel Serang Basis Militer di Suriah

Internasional israel konflik suriah
Fajar Nugraha • 20 November 2019 13:46
Damaskus: Militer Israel mengonfirmasi melakukan serangan udara di dekat Damaskus, Suriah, pada Rabu 20 November. Israel berdalih serangan itu diarahkan ke target teror di Suriah dan kelompok yang didukung Iran.
 
Pasukan Keamanan Israel (IDF) mengatakan, Suriah bertanggungjawab atas serangan yang dilancarkan oleh pihaknya ke dalam wilayah Negara Yahudi itu.
 
Sementara media Suriah sebelumnya mengatakan, pertahanan antipesawat mereka berhasil menghalau serangan besar dari pesawat tempur Israel. Serangan-serangan itu dilancarkan di Ibu Kota Suriah, pada Rabu pagi hari waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Israel kerap melakukan serangan baik dengan jet tempur ataupun rudal ke targe Iran yang berada di dalam wilayah Suriah. Tetapi jarangan sekali Israel mengakui serangan itu.
 
“Kami baru saja melakukan serangan udara skala besar terhadap pasukan Iran dan Suriah di dalam wilayah Suriah. Ini merupakan respons atas serangan roket yang diarahkan ke Israel oleh pasukan Iran di Suriah malam tadi,” pernyataan pihak Israel, seperti dikutip AFP, Rabu, 20 November 2019.
 
“Selama serangan, rudal pertahanan pemerintah Suriah sempat ditembakkan. Meskipun sudah ada peringatan untuk tidak melakukan hal itu,” imbuh pihak Israel.
 
Pihak Israel menyatakan beberapa daerah pertahanan Suriah hancur. Mereka tetap menegaskan bahwa Pemerintah Suriah bertanggungjawab atas segala tindakan yang berlangsung di wilayahnya, termasuk yang dilakukan Iran.
 
“Kami akan tetap beroperasi dengan tegas selama diperlukan,” pungkas pihak militer Israel.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif