PM Kanada Justin Trudeau dalam konferensi di Munich, Jerman, 14 Februari 2020. (Foto: AFP/THOMAS KIENZLE)
PM Kanada Justin Trudeau dalam konferensi di Munich, Jerman, 14 Februari 2020. (Foto: AFP/THOMAS KIENZLE)

Trudeau Batalkan Kunjungan Diplomatik Terkait Pipa Gas

Internasional politik kanada
Medcom • 17 Februari 2020 17:04
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba-tiba membatalkan kunjungan kenegaraan ke Kepulauan Karibia dikarenakan terjadinya aksi protes oleh masyarakat adat Kanada. Unjuk rasa terkait dengan pembangunan jalur pipa gas Coastal GasLink yang melewati tanah adat di ujung barat Kanada.
 
Aksi protes yang telah berlangsung sejak sepekan terakhir itu telah melumpuhkan operasional moda transportasi kereta api di bagian timur Kanada.
 
Setelah kunjungan ke Afrika dan Eropa, yang selesai Jumat lalu, PM Trudeau dijadwalkan mendatangi Barbados hari ini, Senin 17 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kunjungan ke Barbados merupakan bagian dari upaya Kanada untuk mendapatkan kursi dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).
 
"PM Trudeau tidak dapat menghadiri pertemuan CARICOM Intersessional Heads of Government pekan ini,” dilansir dari pernyataan resmi kantor administrasi Trudeau. Menteri Luar Negeri Kanada, Francois-Philippe Chanpagne, akan menggantikan Trudeau dalam kunjungan tersebut.
 
Senin pagi, Trudeau mengadakan rapat darurat dengan Menteri Keuangan, Menteri Jeamanan, Transportasi, dan Layanan Suku Asli sebagai upaya untuk mencari solusi. Ia telah beberapa kali menerima kritik dari partai oposisi terkait kurangnya respons terkait aksi protes masyarakat adat.
 
Para demonstran mendukung beberapa pemimpin dari Penduduk Asli Wet’suwet’en First Nations yang selama ini berusaha menghentikan konstruksi jalur pipa gas Coastal GasLink.
 
Jalur gas tersebut adalah bagian dari proyek ekspor gas alam senilai CAN40 miliar (setara Rp413 triliun) termasuk terminal baru di pesisir Pasifik. (Flory Ambarita)

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif