Pemandangan di salah satu sudut kota Kairo, Mesir, 12 Maret 2019. (Foto: AFP/MOHAMED EL-SHAHED)
Pemandangan di salah satu sudut kota Kairo, Mesir, 12 Maret 2019. (Foto: AFP/MOHAMED EL-SHAHED)

Kosong 2 Tahun, Jabatan Dubes AS di Mesir Akhirnya Terisi

Internasional amerika serikat mesir
Willy Haryono • 18 November 2019 16:00
Kairo: Amerika Serikat akhirnya menempatkan duta besarnya ke Mesir usai jabatan tersebut dibiarkan kosong selama lebih kurang dua tahun.
 
Dalam pengumuman resmi Kedubes AS di Kairo, Jonathan Cohen selaku perwakilan Washington telah memberikan kredensialnya kepada Kemenlu Mesir.
 
Posisi Dubes AS di Kairo kosong usai Robert Stephen Beecroft resmi menyelesaikan tiga tahun masa jabatannya pada Juli 2017. Sejak saat itu, Pemerintah AS belum menunjuk siapapun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cohen dilantik sebagai Dubes AS untuk Mesir pada 14 November. Sejak 1 Januari hingga 10 September lalu, ia bertindak sebagai perwakilan interim AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebelum itu, Cohen menjabat sebagai Wakil Perwakilan AS untuk PBB.
 
Sebelumnya, Cohen juga pernah menjadi Wakil Asisten Menlu AS untuk urusan Eropa dan Eurasia yang meliputi Siprus, Yunani dan Turki. Ia pernah menduduki jabatan Wakil Kepala Misi AS di Kedubes Irak.
 
Dari Irak, Cohen ditugaskan di Prancis sebagai Wakil interim Kepala Misi AS, dan juga pernah menduduki posisi Menteri Konselor dan Urusan Politik di kota Paris.
 
Dua negara lainnya yang pernah menjadi lokasi penugasan Cohen adalah Siprus dan Italia.
 
Di awal kariernya, Cohen adalah seorang koordinator organisasi USAID untuk wilayah Tepi Barat. Ia menguasai bahasa Prancis, Swedia dan Italia. Saat ini Cohen sedang menyempurnakan kemampuannya berbahasa Ibrani dan Arab.
 
Hubungan AS dan Mesir membaik dalam beberapa tahun terakhir lewat sejumlah pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Abdel Fattah al-Sisi. Hubungan mulai menghangat usai AS memutuskan menggelontorkan dana bantuan militer sebesar USD195 juta atau setara Rp2,7 triliun yang sempat dibekukan untuk Mesir.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif