George Pell di Melbourne, Australia, 26 Februari 2019. (Foto: AFP/ASANKA BRENDON RATNAYAKE)
George Pell di Melbourne, Australia, 26 Februari 2019. (Foto: AFP/ASANKA BRENDON RATNAYAKE)

Kasus Pelecehan, Mantan Bankir Vatikan Divonis 6 Tahun Penjara

Internasional paus fransiskus vatikan
Arpan Rahman • 13 Maret 2019 12:22
Melbourne: Mantan bankir Vatikan, Kardinal George Pell, telah dijatuhi vonis enam tahun penjara atas kasus pelecehan seksual terhadap sejumlah remaja.
 
Kardinal Pell dinyatakan bersalah atas pelecehan sejumlah bocah berusia 13 tahun. Peristiwa itu terjadi 22 tahun lalu, di sebuah sakristi di gereja Katedral St Patrick di Melbourne, Australia. Saat itu, Pell adalah seorang uskup agung.
 
Dia didakwa atas pelecehan dua bocah yang tertangkap basah sedang meminum minuman anggur di gereja St Patrick di akhir tahun 1996. Peristiwa terjadi saat ratusan jemaat beramai-ramai keluar gereja usai berakhirnya misa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pell juga dinyatakan bersalah karena telah menyerang salah satu bocah di sebuah koridor gereja sekitar satu bulan setelah kejadian pertama.
 
Saat menjatuhkan vonis, Hakim Peter Kidd mengatakan beberapa pelanggaran yang dilakukan Pell memiliki "elemen menjijikkan." Ucapan Kidd didasarkan pada fakta bahwa Pell melecehkan korban di hadapan beberapa bocah lain.
 
"Apa yang Anda lakukan saat itu sangat mengerikan," kata Hakim Kidd, seperti disitir dari laman Sky News, Rabu 13 Maret 2019.
 
Sebagai uskup agung, Pell disebut Hakim Kidd sebagai sosok penting di tengah masyarakat. Hakim Kidd mengatakan pelanggaran yang dilakukan Pell adalah "insiden terisolasi," dan secara umum pria 77 tahun itu adalah orang baik.
 
Menurut Hakim Kidd, kecil kemungkinan Pell akan mengulangi kesalahannya yang sama. Ini terlihat dari tidak adanya pelecehan apapun yang dilakukan Pell dalam kurun waktu 22 tahun dari saat kejahatan terjadi hingga vonis dijatuhkan.
 
Pell baru boleh mengajukan pembebasan bersyarat usai mendekam 3 tahun 8 bulan di penjara. Dia adalah tokoh paling senior di Vatikan yang didakwa kasus pelecehan anak.
 
Merespons vonis ini, Pell masih tetap menyatakan tidak bersalah dan akan mengajukan banding. Sidang banding dijadwalkan berlangsung pada Juni mendatang.
 
Agustus tahun lalu, Paus Fransiskus sempat didesak mundur atas kasus pelecehan seksual yang dilakukan Kardinal Theodore McCarrick.
 
Tahun lalu, Pengadilan Penssylvania di Amerika Serikat telah merilis dugaan pelecehan seksual yang dilakukan sekitar 200 pastor terhadap lebih dari 1.000 anak dalam 70 tahun terakhir.
 
Baca: Diduga Tutupi Kasus Pelecehan, Paus Fransiskus Didesak Mundur
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif