Presiden Nigeria Bantah Rumor Kematian Dirinya
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari dalam acara di Borno, 28 November 2018. (Foto: AFP/AUDU MARTE)
Katowice: Presiden Nigeria Muhammadu Buhari membantah rumor dirinya meninggal dunia dan digantikan seseorang yang mirip asal Sudan. RUmor ini muncul di tengah kondisi kesehatan Buhari yang kurang stabil

""Ini saya yang sesungguhnya. Saya akan merayakan ulang tahun ke-76 dan saya masih kuat," ucap Buhari asat bertemu para diaspora Nigeria di Polandia. Buhari datang ke kota Katowice untuk menghadiri konferensi iklim COP24.

Dia menjawab pertanyaan mengenai rumor tersebut -- yang tersebar di Twitter, Facebook dan YouTube -- bahwa pemimpin Nigeria adalah seorang tokoh palsu bernama "Jubril."


"Banyak orang berharap saya meninggal di tengah buruknya kondisi kesehatan saya. Beberapa dari mereka menghubungi Wakil Presiden untuk dijadikan wakil, dengan berasumsi saya sudah meninggal dunia," tutur Buhari, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Senin 3 Desember 2018.

Menurut Buhari, siapapun yang menyebar rumor ini adalah orang "bodoh" dan "tak beragama." 

Buhari, yang ingin mengikuti kembali pemilihan umum tahun depan, menghabiskan banyak waktu sepanjang 2017 di London untuk perawatan sebuah penyakit serius. Buhari tidak pernah mengungkapkan penyakit apa yang dideritanya.

Kurangnya informasi mengenai penyakit tersebut memicu spekulasi liar di tengah masyarakat. Klaim mengenai identitas palsu Buhari muncul satu bulan usai presiden Nigeria itu pulang dari London belum lama ini.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id