AS-Turki Sepakat Kasus Khashoggi Harus Diklarifikasi

Marcheilla Ariesta 22 Oktober 2018 09:00 WIB
turki
AS-Turki Sepakat Kasus Khashoggi Harus Diklarifikasi
Jurnalis yang tewas dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Jamal Khashoggi. (Foto: AFP).
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Donald Trump setuju kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi harus diklarifikasi. Mereka mengatakan Riyadh harus secepatnya melakukan itu.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa kasus Jamal Khashoggi harus diklarifikasi dalam semua aspeknya," kata salah satu sumber kepresidenan Turki, dikutip dari AFP, Senin, 22 Oktober 2018.

Kemarin, Trump mengaku tidak puas dengan penjelasan Arab Saudi mengenai kematian jurnalis Jamal Khashoggi. Meski demikian, dia menilai pengakuan Arab Saudi kredibel.


"Saya tidak puas hingga kita semua mendapatkan jawaban (menyeluruh)," ucap Trump.

Jumat kemarin, Riyadh menyebut Khashoggi tewas di Konsulat Arab Saudi di Istanbul setelah dirinya berkelahi dengan sejumlah orang di gedung tersebut. Arab Saudi mengumumkan telah memecat lima pejabat dan menangkap 18 warga.

Dua dari lima orang yang dipecat kerajaan adalah penasihat Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, Saud al-Qahtani, serta Wakil Kepala Intelijen Mayor Jenderal Ahmed al-Assiri.

Sementara 18 warga Arab Saudi yang ditangkap tidak disebutkan identitasnya. Trump menyebut ada "kemungkinan" Pangeran Mohammed tidak mengetahui perihal pembunuhan Khashoggi.



(LDS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id