Api dari serangan SDF yang didukung koalisi AS di kota Baghouz, Suriah, 11 Maret 2019. (Foto: AFP/DELIL SOULEIMAN)
Api dari serangan SDF yang didukung koalisi AS di kota Baghouz, Suriah, 11 Maret 2019. (Foto: AFP/DELIL SOULEIMAN)

3.000 Militan ISIS di Suriah Menyerah dalam 24 Jam

Internasional krisis suriah isis
Willy Haryono • 13 Maret 2019 06:57
Baghouz: Sebanyak 3.000 personel kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah telah menyerah dalam 24 jam terakhir dalam pertempuran di markas terakhir mereka di Baghouz. Demikian disampaikan juru bicara Pasukan Demokratik Suriah atau SDF, Selasa 12 Maret 2019.
 
"Jumlah anggota Daesh yang menyerah kepada kami sejak kemarin (Senin) malam sudah mencapai 3.000," tulis Mustefa Bali dengan bahasa Inggris di akun Twitter, seperti dikutip dari laman AFP.
 
Dia menambahkan tiga perempuan dan empat anak-anak dari etnis minoritas Yazidi juga berhasil diselamatkan dari Baghouz.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal Maret lalu, SDF yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat mengevakuasi ratusan warga sipil dari Baghouz. Ratusan warga tersebut menghambat pergerakan SDF, karena sering dijadikan 'perisai manusia' oleh ISIS.
 
Operasi menghancurkan ISIS di markas terakhirnya kembali dilanjutkan SDF sejak Jumat pekan kemarin. Namun kemajuan operasi melambat karena ternyata masih ada ratusan warga sipil di basis pertahanan ISIS, yang disebut SDF hanya seluas 700 meter per segi.
 
SDF mengatakan para militan yang menyerah beserta keluarga mereka akan dibawah ke kamp dekat Baghouz. Di sana, mereka semua akan diperiksa secara seksama.
 
Meski jumlahnya kalah jauh dibanding SDF, sekelompok kecil militan ISIS masih bertahan di Baghouz. Menurut SDF, sebagian besar dari militan tersisa ini adalah warga negara asing yang bergabung dengan ISIS.
 
Para komandan SDF berulang kali menyatakan bahwa ISIS sudah hampir dapat dikalahkan sepenuhnya di Baghouz. Namun hingga kini, ISIS masih bertahan mati-matian dan kemenangan SDF belum juga dideklarasikan.
 
Baca:ISIS Enggan Menyerah, Milisi Suriah Pantang Mundur Melawan
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif