Hama belalang menyerang sejumlah negara di Afrika timur sejak awal 2020. (Foto: AFP/TONY KARUMBA)
Hama belalang menyerang sejumlah negara di Afrika timur sejak awal 2020. (Foto: AFP/TONY KARUMBA)

Diserbu Hama Belalang, Somalia Deklarasikan Status Darurat

Internasional somalia hama belalang
Willy Haryono • 03 Februari 2020 08:11
Mogadishu: Somalia mendeklarasikan status darurat nasional di tengah serbuan jutaan hama belalang. Tidak hanya di Somalia, hama belalang ini juga meluas ke seantero Afrika timur.
 
"Serbuan hama belalang ini merupakan ancaman besar terhadap keamanan pangan di Somalia," ucap Kementerian Pertanian Somalia, dikutip dari laman BBC, Minggu 2 Februari 2020.
 
Otoritas Somalia khawatir situasi darurat ini mungkin belum dapat dikendalikan hingga awal musim panen pada April mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan jumlah hama belalang di Somalia dan juga Ethiopia ini merupakan yang terbesar dalam 25 tahun terakhir. Kenya juga mengalami nasib serupa, setelah hampir 70 tahun tidak pernah menghadapi hama belalang dalam jumlah besar.
 
Meski merata di Afrika timur, Somalia menjadi negara pertama di kawasan yang mendeklarasikan status darurat hama belalang. Karena rapuhnya sektor pertahanan Somalia, pesawat di negara tersebut tidak dapat digunakan untuk menyemprotkan insektisida dari udara.
 
Januari lalu, Organisasi Makanan dan Pertanian PBB (FAO) menyerukan komunitas internasional untuk membantu memerangi serbuan hama belalang di wilayah Horn of Africa. FAO mengestimasi jumlah belalang di seantero kawasan tersebut dapat meningkat 500 kali lipat pada Juni mendatang.
 
Jutaan belalang menyebar ke Afrika timur dari Yaman di sepanjang Laut Merah. Hujan deras di akhir 2019 menciptakan kondisi lingkungan yang ideal bagi belalang untuk berkembang biak.
 
Kawanan belalang dapat terbang sejauh 150 kilometer per hari. Belalang ini merupakan hama karena dapat memakan begitu banyak tanaman.
 
Desember lalu, kawanan belalang membuat sebuah pesawat keluar jalur penerbangan di Ethiopia. Kawanan belalang itu masuk ke area mesin, kaca kokpit dan juga hidung pesawat.
 
Beruntung, pesawat tersebut bisa mendarat dengan selamat di bandara Addis Ababa.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif