Banjir di Nigeria Utara Tewaskan 49 Orang
Seorang pria berdiri di tengah genangan banjir di Makurdi, Nigeria, 1 September 2017. (Foto: AFP/LEMMY IJIOMA)
Katsina: Banjir akibat hujan deras di wilayah Nigeria yang berbatasan dengan Niger telah menewaskan 49 orang dan membuat 20 lainnya hilang.

Lima desa di distrik Jibia terkena dampak banjir, setelah sebuah sungai meluap akibat hujan deras sejak Minggu malam.

"Kami telah menemukan 49 jasad dari lima desa, dan masih mencari 20 orang lainnya," ujar Aminu Waziri, kepala agensi penanggulangan bencana di negara bagian Katsina, kepada kantor berita AFP, Selasa 17 Juli 2018.


Dua puluh empat orang dilaporkan tersapu banjir hingga ke desa Mada Rumfa dan Kantumi di Niger. 

"Beberapa orang berhasil ditarik dari reruntuhan rumah mereka," ungkap Waziri.

Lebih dari 2.000 orang yang terkena dampak banjir berlindung di beberapa sekolah dasar di Jibia. Sementara 27 orang yang terluka telah dibawa ke rumah sakit.

"Pemerintah telah merilis bantuan kepada korban terdampak banjir, dan kami juga meminta intervensi dari agensi penanggulangan bencana nasional," tutur Waziri.

Musibah banjir biasa terjadi di banyak wilayah di Nigeria selama musim hujan, yang biasa terjadi dari Mei hingga September.

Agensi Meteorologi Nigeria mengingatkan potensi banjir di banyak wilayah sepanjang tahun ini karena adanya "perubahan pola hujan."

Pada 2012, Nigeria dilanda musibah banjir di 30 dari total 36 negara bagian, yang menewaskan ratusan orang dan membuat dua juta warga kehilangan tempat tinggal.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id