PBB Berhasil Capai Kamp Terpencil di Suriah
Kondisi di kamp terpencil Rukban di Suriah. (Foto: AFP)
Rukban: Sebuah konvoi bantuan Perserikatan Bangsa-Bangsa berhasil mencapai kamp terpencil di Suriah yang dihuni sekitar 50 ribu pengungsi. Ini merupakan bantuan pertama yang diterima kamp di perbatasan Suriah dan Yordania itu sejak Januari lalu.

Konvoi bantuan ini awalnya dijadwalkan tiba di kamp Rukban pada 27 Oktober. Namun atas alasan keamanan, konvoi tidak dapat melanjutkan perjalanan ke kamp tersebut.

Pasukan Suriah mengontrol akses menuju Rukban, yang terletak dekat markas pemberontak yang didukung Amerika Serikat. Yordania juga menghalangi pasokan bantuan ke Rukban.


Terdapat sejumlah laporan adanya anak-anak yang hidup susah di tengah buruknya sanitasi dan akses medis di Rukban. Karena kondisinya itu, Rukban disebut sebagai "salah satu tempat paling memprihatinkan di Suriah."

PBB mengestimasi sekitar 80 persen penghuni Rukban adalah wanita dan anak-anak. Sejumlah grup relawan menyebut wanita hamil di Rukban melahirkan tanpa mendapatkan akses dasar kesehatan.

Dioperasikan secara gabungan oleh PBB dan organisasi Bulan Sabit Merah Arab Suriah, konvoi bantuan tersebut tiba di Rukban pada Sabtu 3 November 2018.

"Tujuh puluh delapan truk mengantarkan 10.475 paket makanan dan kantung terigu, pakaian untuk 18 ribu anak-anak, 10.075 alat-alat higienitas serta peralatan untuk 1.200 bayi," ujar Bulan Sabit Merah Arab Suriah dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari media BBC.

Penyaluran bantuan ke seluruh pengungsi di Rukban diperkirakan memakan waktu antara tiga hingga empat hari.

"Kami juga melakukan kampanye vaksinasi darurat untuk melindungi sekitar 10 ribu anak dari campak, polio dan penyakit mematikan lainnya," tutur koordinator kemanusiaan PBB Ali Al-Za'tari.

PBB menambahkan situasi kemanusiaan secara keseluruhan di Rukban masih "dalam fase kritis, dengan sejumlah laporan terjadinya kekurangan bahan pokok serta kematian beberapa anak karena tidak mendapat perawatan medis."



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id