Sebuah pesawat Ethiopian Airlines terparkir di bandara Nairobi, Kenya. (Foto: AFP/Simon Maina)
Sebuah pesawat Ethiopian Airlines terparkir di bandara Nairobi, Kenya. (Foto: AFP/Simon Maina)

KBRI: Ada WNI di Daftar Penumpang Ethiopian Airlines

Internasional kecelakaan pesawat kecelakaan ethiopian airlines
Fajar Nugraha • 10 Maret 2019 20:49
Addis Ababa: Pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh di Addis Ababa pada Minggu, 10 Maret 2019, membawa 149 penumpang dan delapan awak kabin. Kabar menyebutkan ada satu orang warga negara Indonesia (WNI) di pesawat nahas itu.
 
Baca juga: Penumpang Ethiopian Airlines ET302 Berasal dari 33 Negara.
 
Sementara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Addis Ababa memastikan adanya WNI dalam pesawat yang berjenis Boeing 737 MAX 8 tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Betul (ada WNI di dalam daftar penumpang pesawat). Saat ini KBRI sedang berkoordinasi dengan pihak Ethiopian Airlines untuk identitas lengkap korban dan proses evakuasi,” ujar Sekretaris 1 Fungsi Politik Kedutaan Besar Republik Indonesia di Addis Ababa, Christine Refina, kepada Medcom.id, Minggu, 10 Maret 2019.
 
“Bersama dengan sejumlah kedutaan asing, KBRI masih berada di kantor Ethiopian Airlines untuk koordinasi identitas dan proses evakuasi korban,” imbuhnya.
 
Sementara Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, bersama Perwakilan RI di sekitar lokasi kejadian masih terus berkomunikasi dengan otoritas setempat untuk mendapatkan informasi yang sevalid mungkin mengeni kemungkinan adanya korban WNI.
 
Direktur Komunikasi Ethiopian Airlines Asrat Begashaw mengatakan pihaknya meyakini semua penumpang dan kru "dalam kecelakaan pesawat pagi ini sudah meninggal dunia."
 
"Terdapat 33 kewarganegaraan berbeda di dalam pesawat tersebut," sambung dia, seperti dilansir dari lamanBBC.
 
Tercatat berdasarkan data penumpang terdapat 32 warga Kenya, 18 warga Kanada, sembilan warga Ethiopia, delapan warga Italia, delapan warga Tiongkok, delapan warga Amerika Serikat, tujuh warga Inggris, tujuh warga Prancis, enam warga Mesir, lima warga Belanda, empat warga India, empat dari Slovakia, tiga dari Austria, serta tiga lainnya dari Swedia dan Rusia, masing-masing dua warga Maroko, Spanyol, Polandia dan Israel.
 
Baca juga: Tipe Pesawat Ethiopia yang Jatuh Sama dengan Lion Air JT610.
 
Pihak Ethiopian Airlines juga menyebutkan ada satu warga Indonesia yang masuk dalam daftar penumpang. Belum diketahui identitas penumpang itu, yang berada bersama masing-masing satu warga dari Somalia, Belgia, Norwegia, Serbia, Togo, Mozambik, Rwanda, Sudan, Uganda dan Yaman. Empat penumpang lainnya didata memegang paspor PBB dan kewarganegaraannya tidak jelas.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif