Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro (tengah). (Foto: AFP)
Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro (tengah). (Foto: AFP)

Liga Arab Minta Brasil Tak Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Internasional palestina israel
Sonya Michaella • 11 Desember 2018 11:44
Kairo: Liga Arab meminta Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro untuk tidak memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem. Pasalnya, hal itu akan memperburuk keadaan saat ini.
 
"Langkah ini akan menjadi perubahan tajam dalam kebijakan luar negeri Brasil yang sejak awal sudah mendukung Solusi Dua Negara di konflik Israel dan Palestina," sebut pernyataan dari Liga Arab, dikutip dari AFP, Selasa 12 Desember 2018.
 
Hari ini rencananya para duta besar negara-negara Arab akan bertemu di Brasil untuk membahas rencana Bolsonaro mengikuti langkah dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit juga telah mengirimkan surat kepada Bolsonaro dan Kementerian Luar Negeri Brasil untuk tidak menempatkan kedubes di Yerusalem.
 
"Memindahkan kedubes ke Yerusalem akan dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB," tulis Gheit.
 
Ia juga menuliskan bahwa Liga Arab sangat menghormati Brasil dan ingin meningkatkan hubungan kerja sama. Namun niat Brasil memindahkan kedubes merupakan langkah yang membahayakan perdamaian.
 
Jika Bolsonaro menindaklanjuti janjinya, Brasil akan menjadi negara ketiga yang memiliki kedubes di Yerusalem, setelah Amerika Serikat dan Guatemala. Paraguay rencananya juga akan memindahkan kedubes ke Yerusalem.
 
Namun, langkah Bolsonaro ini ditentang oleh sejumlah warga Brasil. Mereka mengatakan, hal itu akan merusak hubungan Brasil dengan negara-negara Muslim.
 
Mantan Duta Besar Brasil untuk AS, Rubens Barbosa, menyebut bahwa rencana Bolsonaro dapat merusak ekspor unggas Brasil. Seperti diketahui, USD6 miliar per tahun didapat Brasil dari hasil ekspor unggas ke negara-negara Arab.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi