Harper Lee. AP/Rob Carr.
Harper Lee. AP/Rob Carr.

Harper Lee, Penulis To Kill A Mockingbird Wafat

Internasional tokoh sastrawan
Damar Iradat • 20 Februari 2016 00:01
medcom.id, Alabama: Penulis novel tersohor To Kill a Mockingbird, Harper Lee meninggal dunia, Jumat (19/2/2016) waktu setempat. Lee wafat pada usia 89 tahun.
 
Seperti diberitakan Huffington Post, berita kematian Lee dikonfirmasi oleh kantor Wali Kota Monroeville, Alabama.
 
Sosok Lee dikenal melalui novelnya yang fenomenal, To Kill a Mockingbird yang terbit pada tahun 1960. Buku tersebut meledak di pasaran dan menjadi buku terlaris di dunia. Setahun kemudian, Lee pun mendapatkan penghargaan Pulitzer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lee, lahir dengan nama asli Nelle Harper Lee. Dia lahir dan besar di kota kecil, Monroeville, Alabama, 28 April 1926. Lee merupakan bungsu empat bersaudara, buah hati pasangan Coleman Lee dan Cunningham Finch.
 
Novel garapan Lee, To Kill a Mockingbird membuatnya tenar. Cerita dalam To Kill a Mockingbird dibumbui elemen-elemen kehidupan pribadinya. Bahkan, cerita dalam novel tersebut sempat diangkat ke layar lebar pada tahun 1962.
 
Film adaptasi To Kill a Mockingbird yang dibintangi Gregory Peck sebagai Atticus Finch pun sukses. Film tersebut memenangi tiga penghargaan Academy Awards dan mendapatkan tempat di daftar film terbaik Amerika Sepanjang masa yang diinisiasi American Film Institute.
 
Juli 2015 lalu, Lee menerbitkan Go Set a Watchman, sebuah sekuel dari To Kill a Mockingbird. Go Set a Watchman merupakan novel tulisan kedua peraih pulitzer itu.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif