Osama al-Badan yang ditembak pasukan Israel dalam kondiri diborgol dan mata tertutup. (Foto Mustafa al-Badan/CNN).
Osama al-Badan yang ditembak pasukan Israel dalam kondiri diborgol dan mata tertutup. (Foto Mustafa al-Badan/CNN).

Prajurit Israel Tembak Remaja Palestina yang Diborgol

Internasional palestina israel
Fajar Nugraha • 24 April 2019 20:08
Tepi Barat: Tentara Israel menembak seorang remaja Palestina yang diborgol dengan mata tertutup. Remaja itu ditangkap karena dicurigai ikut serta dalam sebuah pemakaman.
 
Penembakan itu terjadi setelah pemakaman di Desa Tuqu, selatan Betlehem di Tepi Barat, Kamis pekan lalu. Hal ini didasarkan saksi mata dan anggota Desa Tuqu.
 
Osama al-Badan berusia 15 tahun, dengan tangan terikat di belakang, mencoba melarikan diri dari setidaknya empat tentara Israel yang berdiri di dekatnya. “Al-Badan ditembak satu kali di setiap kakinya dengan pistol,” kata ayahnya, Ali, kepada CNN, Rabu, 24 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia ditahan oleh tentara karena tidak melakukan apa-apa," kata Ali al-Badan. "Mereka menuduhnya melempar batu. Aku yakin dia tidak. Dia tidak menyembunyikan apa pun dan akan mengakui kalau dia melempar batu. Tapi apakah itu alasan untuk menembaknya?,” jelasnya.
 
Pihak Israel Defense Force (IDF) atau militer Israel mengatakan insiden itu sedang diselidiki. Kejadian penembakan ini berlangsung setelah, seorang guru sekolah Palestina dari desa Tuqu meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Pemakamannya dihadiri banyak orang ke pemakamannya. Setelah pemakaman, bentrokan terjadi antara Palestina dan pasukan Israel di jalan menuju Tuqu.
 
Prajurit Israel Tembak Remaja Palestina yang Diborgol
Osama al-Badan dirawat setelah ditembak pasukan Israel. (Foto: AFP).
 
IDF mengatakan penembakan itu terjadi setelah lemparan batu pada pasukan IDF di daerah itu, serta pada mobil-mobil yang melaju di sepanjang jalan yang membahayakan kehidupan warga sipil dan pasukan.
 
"Pasukan menanggapi dengan cara penyebaran kerusuhan dan pada saat yang sama menangkap salah satu perusuh yang mencoba melarikan diri setelah penangkapannya. Penangkapan itu ditahan di titik terdekat dan setelah waktu singkat mencoba melarikan diri dari pasukan. Pasukan mulai mengejar , di mana dia ditembak di tubuh bagian bawahnya," kata IDF dalam pernyataan itu.
 
"Ada gangguan baru-baru ini terhadap mobil-mobil Israel dan orang-orang yang bepergian di jalan dekat dengan Arab Tuqu," kata IDF.
 
“Osama al-Badan ditahan di tempat kejadian setelah ditembak, saksi mengatakan kepada CNN. Seorang tentara IDF di tempat kejadian mulai memberikan bantuan medis,” kata IDF.
 
Foto dan video dari tempat kejadian menunjukkan sekelompok kecil warga Palestina bergegas untuk membantu al-Badan ketika seorang prajurit berupaya membantu menghentikan pendarahan dari salah satu luka tembaknya. Sementara seorang prajurit lain mengarahkan senjatanya ke arah kerumunan untuk menjaga agar Palestina tetap berada di teluk , berteriak, "Siapa pun yang mendekat, sebutir peluru di dahinya."
 
Seorang lelaki Palestina berteriak, "Saya ingin membawanya ke perawatan," dan prajurit itu menjawab: "Saya punya perawatan sendiri." Ketika ketegangan dan teriakan meningkat, prajurit itu berkata: "Perawatan akan datang."
 
Dalam video lain yang direkam oleh penduduk Tuqu 'ketika al-Badan diangkat dan dibawa untuk menerima perawatan medis, seorang pria Palestina berteriak, "Ayo pergi! Ayo pergi!" Sebuah pertandingan dorong meletus antara sekelompok kecil warga Palestina di sekitar al-Badan dan seorang tentara Israel. Sebagai tanggapan, seorang prajurit yang berdiri di dekatnya menembakkan peluru ke udara.
 
Beberapa saat kemudian al-Badan dibawa ke klinik terdekat untuk perawatan medis, di mana ia tetap dalam kondisi stabil, menurut ayahnya, yang mengatakan remaja itu tidak lagi ditahan. Kini al-Badan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Beit Jala dekat Bethlehem.
 
IDF belum menanggapi pertanyaan dari CNN tentang status hukum Osama al-Badan. Meskipun mengatakan ada "pelemparan batu besar-besaran" di daerah itu, seorang juru bicara IDF mengatakan tidak ada orang lain yang ditangkap.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif