Menlu Retno Hadiri 100 Tahun Nelson Mandela
Menlu Retno Marsudi akan hadiri peringatan 100 tahun Nelson Mandela. (Foto: Dok.Kemenlu RI).
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan menghadiri peringatan 100 tahun Nelson Mandela di Afrika Selatan pada 30 November 2018. Mandela merupakan sosok yang cukup dekat dengan Indonesia.
 
Kunjungan Menlu Retno ini juga untuk menghadiri Dewan Menteri IORA di Durban. Di acara ini, akan dibahas perkembangan satu tahun IORA usai penyelenggaraan KTT perdana di Jakarta, tahun lalu.
 
"Mandela dianggap dekat dengan Indonesia. Apalagi visi Mandela juga bertekad untuk mengentaskan dan menghapus penjajahan di dunia. Ini sejalan juga dengan visi misi Indonesia," kata Direktur Kerja Sama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Andre Omer, di Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.
 
"Mandela kan juga pernah berkunjung ke Indonesia. Nah dari situ ia juga menunjukkan kecintaannya terhadap batik. Jadi memang Menlu Retno hadir untuk menghormati Mandela di acara 100 tahunnya," lanjut dia.
 
Andre menambahkan, sejak kunjungan Mandela ke Indonesia, hubungan Indonesia dan Afrika Selatan semakin maju. Terlebih saat ini, Indonesia sedang mengembangkan pasar non-tradisional ke Afrika.
 
Kecintaan Mandela terhadap batik sudah terlihat ketika ia mengunjungi Indonesia pada 1997 dan bertemu Presiden ke-2 RI Soeharto. Sejak saat itu, ia kerap menggunakan batik di beberapa acara internasional bahkan saat bertemu sesama pemimpin negara lainnya.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id