Pasukan Irak berparade di Kamp Taji, 20 Juni 2006. (Foto: AFP PHOTO/MUSTAPHA AHMAD)
Pasukan Irak berparade di Kamp Taji, 20 Juni 2006. (Foto: AFP PHOTO/MUSTAPHA AHMAD)

Kamp Irak yang Dihuni Pasukan AS Diserang Roket

Internasional as-iran Qassem Soleimani
Arpan Rahman • 15 Januari 2020 14:48
Baghdad: Pangkalan militer Taji di Irak diserang sejumlah roket jenis Katyusha pada Selasa 14 Januari 2020. Tidak ada korban tewas maupun luka dalam serangan tersebut.
 
Kamp Taji, terletak sekitar 85 kilometer dari Baghdad, menampung banyak personel militer AS dan pasukan asing lainnya. Kamp tersebut menjadi salah satu target utama sejumlah grup milisi Irak yang marah atas kematian jenderal Qassem Soleimani di tangan AS.
 
Seorang kapten di kamp Taji mengatakan kepada kantor berita Anadolu Agency bahwa sedikitnya dua roket Katyusha telah ditembakkan dari arah yang tak disebutkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Minggu 12 Januari, empat orang terluka usai delapan roket Kayusha ditembakkan ke pangkalan udara al-Balad. Sejumlah sumber militer mengidentifikasi keempat korban luka sebagai prajurit Irak.
 
Insiden terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran menyusul kematian Soleimani. Iran telah meluncurkan belasan misil ke pangkalan yang menampung pasukan AS di Irak sebagai aksi balas dendam.
 
Serangan belasan misil tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, dan diyakini sejumlah pihak hanya sebagai aksi unjuk kekuatan dan upaya menghindarkan Irak menjadi lokasi meletusnya perang terbuka.
 
Di hari yang sama Iran meluncurkan misil, Rabu 8 Januari, pesawat maskapai Ukraina jatuh terkena misil di Teheran. Awalnya Iran membantah pesawat maskapai Ukraine International Airlines (UIA) itu terkena misil, namun mengakuinya tiga hari kemudian.
 
Total korban tewas dalam tragedi pesawat itu mencapai 176 orang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif