Nelayan Palestina menarik jaring mereka di wilayah pantai Gaza City, Jalur Gaza, 23 Desember 2019. (Foto: MOHAMMED ABED / AFP)
Nelayan Palestina menarik jaring mereka di wilayah pantai Gaza City, Jalur Gaza, 23 Desember 2019. (Foto: MOHAMMED ABED / AFP)

Israel Pulihkan Zona Menangkap Ikan di Jalur Gaza

Internasional jalur gaza palestina israel
Willy Haryono • 24 Desember 2019 06:47
Gaza: Israel memulihkan dan memperluas kembali zona menangkap ikan di Jalur Gaza mulai hari ini, Selasa 24 Desember 2019. Zona maritim tersebut akan diperluas sejauh 15 mil laut.
 
"Perluasan 15 mil laut akan mulai berlaku besok pagi," ujar pejabat penghubung Israel untuk urusan Palestina, Mayor Jenderal Kamil Abu Rukun, Senin malam.
 
Langkah pemulihan dan perluasan telah dikonfirmasi serikat nelayan Palestina. Aktivitas menangkap ikan diizinkan di zona perluasan tersebut mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abu Rukun mengatakan perluasan zona menangkap ikan ini akan terus diberlakukan selama para nelayan Palestina tidak keluar dari area yang telah ditetapkan.
 
"Menangkap ikan di luar zona tersebut tidak dibolehkan. Setiap pelanggaran akan mendapat konsekuensi dari pasukan keamanan," kata Abu Rukun, dilansir dari AFP.
 
COGAT, sebuah unit di Kementerian Pertahanan Israel, telah mengurangi luas zona menangkap ikan hingga 10 mil laut di lepas pantai Gaza pada Kamis pekan kemarin. Langkah tersebut dilakukan usai meluncurnya roket dari arah Gaza ke Israel.
 
Peluncuran roket tersebut tidak menimbulkan korban maupun kerusakan bangunan. Namun Angkatan Udara Israel merespons roket dengan serangan udara.
 
Gaza telah dipimpin grup Hamas sejak 2007. Bersama sejumlah sekutu, Hamas telah terlibat dalam tiga perang melawan Israel sejak 2008.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif