Dubes Palestina: Kami Tak ada Masalah dengan Yahudi
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Depok: Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun mengatakan Palestina tidak memiliki masalah dengan Yahudi. Menurut dia, permasalahan Palestina hanya dengan zionis Yahudi, bukan dalam hal agama.

"Permasalahan kami adalah permasalahan dengan zionis Yahudi, bukan Yahudi dalam agama, namun keberadaan mereka telah mengambil tanah kami," ucap Zuhair dalam Peringatan Hari Solidaritas Internasional Palestina di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis 29 November 2018.

Zuhair menuturkan masyarakat Palestina dengan mereka yang beragama Yahudi hidup berdampingan. "Mereka ada di tengah-tengah masyarakat Palestina dan kita hidup berdampingan dengan damai," tuturnya.


Menurut Zuhair, pemerintah Israel telah melanggar hak-hak masyarakat Palestina. Bahkan, setengah dari warga Palestina diusir akibat permukiman penduduk yang semakin meluas di kawasan Palestina. 

"Masyarakat Palestina ada 12 juta, enam juta tersebar di seluruh dunia karena penggusuran oleh Israel. Sementara enam juta lainnya masih berada di wilayah Palestina," ungkap dia.

Zuhair menambahkan, masyarakatnya tidak pernah diberi kesempatan untuk membela hak mereka. Bahkan untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Dia menuturkan apa yang terjadi di Palestina saat ini adalah hasil dari keputusan sepihak tanpa bertanya kepada masyarakat Palestina. Karenanya, dia menghaturkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari pemerintah serta masyarakat Indonesia. 

Indonesia telah membantu dalam bidang infrastruktur dan pengembangan kapasitas untuk masyarakat Palestina. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi selalu menuturkan bahwa bantuan tersebut dimaksudkan agar masyarakat Palestina dapat mempersiapkan diri sebelum mencapai kemerdekaannya.

Dia mengatakan Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina dalam meraih kemerdekaannya. Bahkan, kemerdekaan Palestina selalu berada di jantung politik luar negeri Indonesia.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id