SDF adalah ujung tombak dari koalisi pimpinan AS dalam melawan ISIS di Suriah. (Foto: AFP / Delil souleiman)
SDF adalah ujung tombak dari koalisi pimpinan AS dalam melawan ISIS di Suriah. (Foto: AFP / Delil souleiman)

Wilayah Kekuasaan ISIS Tinggal 700 Meter Persegi

Internasional krisis suriah isis konflik suriah
Marcheilla Ariesta • 17 Februari 2019 13:49
Baghouz: Wilayah yang dikuasai kelompok Islamic State (ISIS) saat ini tinggal 700 meter persegi. Pernyataan disampaikan komandan Pasukan Demokrat Suriah (SDF), sebuah aliansi pejuang yang didukung Amerika Serikat.
 
Pekan lalu SDF melancarkan serangan ke kantong terakhir ISIS di Suriah. Letaknya di sebuah kota kecil Baghouz Al-Fawqani, di sebelah timur negara itu.
 
“Beberapa orang mungkin terkejut bahwa Baghouz belum jatuh. Namun, saat ini penembakan telah berhenti. Wilayah itu berada dalam jangkauan kami,” kata Kepala Operasi SDF Komandan Chia Kobani, dikutip dari laman CNN, Minggu 17 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan pihaknya bergerak perlahan demi menyelamatkan warga sipil yang masih ditawan ISIS di kota kecil tersebut. ISIS menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia untuk menghambat pergerakan SDF.
 
“Kami bergerak hati-hati karena ada ribuan warga sipil yang dijadikan perisai manusia oleh mereka. Dalam beberapa hari mendatang, tak lama lagi, kami akan menyiarkan kabar baik kepada dunia, kepada semua orang di wilayah itu,” imbuhnya.
 
Area kekuasaan ISIS yang tersisa saat ini kurang dari 1.000 meter persegi. Padahal, pada puncak kejayaannya, ISIS menguasai area seluas negara Inggris dan memerintah lebih dari 10 juta orang.
 
Kobani menuturkan SDF tidak akan berhenti berjuang walau nanti ISIS sudah tidak ada lagi di Baghouz. “Kami akan pindah ke tahap selanjutnya, dengan memerangi ISIS di sisa-sisa daerah itu demi keamanan masyarakat,” ungkapnya.
 
Para petinggi SDF memperkirakan ada sekitar 1.500 warga sipil dan 500 militan ISIS di Baghouz sebelum operasi penyerangan dimulai. Namun saat penyerangan dilakukan, ternyata jumlah warga serta militan jauh lebih tinggi dari perkiraan.
 
Jumat kemarin, Presiden AS Donald Trump sempat berkata akan mengumumkan kejatuhan ISIS di Suriah. Namun hingga Sabtu 16 Februari, pengumuman itu tak kunjung muncul. SDF mengatakan kemenangan atas ISIS di Baghouz baru dapat terwujud dalam beberapa hari ke depan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif