Pemberontak Houthi berusaha menguasai seluruh Yaman sejak 2014. (Foto: AFP)
Pemberontak Houthi berusaha menguasai seluruh Yaman sejak 2014. (Foto: AFP)

Misil Houthi Hantam Masjid di Yaman, 70 Orang Tewas

Internasional konflik yaman
Willy Haryono • 19 Januari 2020 20:06
Marib: Pemberontak Houthi meluncurkan misil yang mengenai sebuah masjid di provinsi Marib, Yaman, Sabtu 18 Januari. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 70 prajurit Yaman.
 
Menurut keterangan sejumlah sumber milier, Houthi menyerang sebuah masjid yang berada di dalam kamp militer di Marib -- berlokasi sekitar 170 kilometer dari ibu kota Sanaa.
 
Dilansir dari media Guardian, Minggu 19 Januari 2020, serangan misil Houthi terjadi saat para korban sedang menunaikan ibadah salat Isya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam laporan kantor berita Saba, Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi mengecam keras serangan "teroris dan pengecut" tersebut. Saba tidak menghadirkan jumlah korban tewas.
 
"Aksi milisi Houthi mengonfirmasi penolakan mereka untuk (mencapai) perdamaian. Mereka hanya tahu soal kematian dan kehancuran, dan juga merupakan sebuah alat milik Iran di kawasan ini," ungkap Hadi.
 
Hingga saat ini, Houthi belum mengeluarkan pernyataan yang mengklaim serangan tersebut.
 
Pemerintah Yaman yang diakui komunitas internasional telah memerangi Houthi sejak 2014, saat para pemberontak menguasai wilayah ibu kota. Satu tahun setelahnya, Arab Saudi dan sejumlah sekutunya ikut serta membantu Presiden Hadi dalam memerangi Houthi.
 
Sejak saat itu, puluhan ribu orang -- sebagian besar warga sipil -- tewas dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal di seantero Yaman.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut perang di Libya telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di modern. PBB menyebut sebagian masyarakat Yaman saat ini berada di jurang bencana kelaparan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif