PM Israel Benjamin Netanyahu  (kanan) dan Ketua Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah al-Burhan.  (Foto: AFP/File)
PM Israel Benjamin Netanyahu (kanan) dan Ketua Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah al-Burhan. (Foto: AFP/File)

Israel Diskusikan Normalisasi Hubungan dengan Sudan

Internasional politik sudan israel
Willy Haryono • 04 Februari 2020 07:37
Entebbe: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu dengan petinggi Sudan untuk mendiskusikan isu normalisasi hubungan kedua negara. Diskusi antar keduanya berlangsung di Entebbe, sebuah kota di Uganda, Senin 3 Februari 2020.
 
Kantor PM Israel mengonfirmasi bahwa Netanyahu telah bertemu dengan Abdel Fattah al-Burhan, Ketua Dewan Kedaulatan Sudan.
 
Secara teknis, Israel masih berperang dengan Sudan. Jika rencana normalisasi terwujud, Sudan akan menjadi negara Arab ketiga yang mengakui status kedaulatan Israel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejarah," tulis Netanyahu saat menginformasikan pertemuannya dengan Burhan via Twitter, dilansir dari AFP.
 
Dibentuk tahun lalu, Dewan Kedaulatan Sudan merupakan badan transisi yang anggotanya merupakan gabungan dari masyarakat sipil dan personel militer. Burhan, seorang jenderal, dipilih sebagai pemimpin dewan tersebut.
 
Dewan ini dibentuk sebagai bagian dari perjanjian pembagian kekuasaan dengan Perdana Menteri Sudan dari kalangan sipil, Abdalla Hamdok. Dewan dibentuk usai tergulingnya diktator Sudan, Omar al-Bashir.
 
"PM Netanyahu dan Abdel Fattah al-Burhan sepakat untuk memulai kerja sama menuju normalisasi hubungan antar kedua negara," ujar pernyataan resmi dari kantor PM Israel.
 
Masih dari pernyataan tersebut, PM Israel disebut meyakini bahwa "Sudan sedang bergerak menuju arah baru yang positif." PM Netanyahu telah mengekspresikan pandangan ini kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo.
 
"Burhan ingin memodernisasi negaranya dengan cara mengakhiri isolasi dan bergabung dengan banyak negara di dunia," pungkas kantor PM Israel.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif