Kelompok pemberontak Houthi di Yaman. (Foto: AFP)
Kelompok pemberontak Houthi di Yaman. (Foto: AFP)

Serangan Misil Hantam Parade Militer di Yaman

Internasional konflik yaman
Willy Haryono • 29 Desember 2019 19:09
Al-Dhalea: Sebuah serangan misil menghantam parade militer di Yaman utara, Minggu 29 Desember 2019. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya lima orang.
 
Dikutip dari BBC, serangan terjadi di akhir seremoni kelulusan siswa pasukan Sabuk Keamanan di kota al-Dhalea. Sabuk Keamanan merupakan sebuah organisasi besar yang didukung Uni Emirat Arab.
 
Sabuk Keamanan adalah bagian dari koalisi pemerintah Yaman yang turut memerangi pemberontak Houthi. Otoritas Yaman menuding Houthi berada di balik serangan misil di al-Dhalea.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga sejauh ini Houthi belum berkomentar mengenai serangan misil di al-Dhalea. Namun pada Agustus lalu, Houthi pernah menyerang parade kelulusan siswa Sabuk Keamanan yang menewaskan lebih dari 30 orang.
 
Dalam serangan terbaru, sembilan orang juga terluka saat misil mengenai sebuah stan yang dipakai warga untuk menonton kelulusan.
 
Yaman dilanda konflik berdarah yang ketegangannya meningkat pada Maret 2015, saat Houthi menguasai sebagian besar wilayah barat. Sepak terjang Houthi memaksa Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi melarikan diri ke luar negeri.
 
Khawatir terhadap Houthi yang diyakini didukung Iran, Arab Saudi dan delapan negara Arab lainnya mulai mengintervensi konflik di Yaman. Koalisi Saudi bertekad menghabisi Houthi dan mengembalikan kepemimpinan Hadi.
 
Koalisi Saudi di Yaman menerima dukungan logistik dan data intelijen dari Amerika Serikat, Inggris dan Prancis.
 
Total kematian dalam konflik Yaman berkisar dari 10 ribu hingga lebih dari 70 ribu orang, yang sebagian besarnya adalah warga sipil. Dua per tiga dari kematian tersebut diakibatkan serangan udara koalisi Saudi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif