Dikira Anak Anjing, Keluarga di Tiongkok Pelihara Beruang
Sekeluarga di Tiongkok pelihara beruang hitam. (Foto: FAcebook/CGTN).
Yunnan: Sebuah keluarga di Tibet baru menyadari hewan yang mereka pelihara selama dua tahun terakhir adalah beruang hitam. Padahal, saat mereka temukan hewan tersebut mirip anak anjing.

Pada 2016, Su Yun, si pemilik berpikir dia membeli anjing jenis mastiff Tibet. Hewan kecil itu dibawanya pulang ke kota Kunming, Yunnan.

"Anak anjing itu mengejutkan keluarga kami dengan nafsu makannya yang luar biasa. Dia bisa makan sekotak buah dan dua ember mie setiap harinya," kata Su Yun, seperti dikutip dari AsiaOne, Rabu 16 Mei 2018.


Meski banyak makannya, mereka tetap menyayangi 'anjing' tersebut.

Setelah dua tahun berlalu, baru mereka mengetahui bahwa hewan yang dikira anjing kecil itu berubah menjadi beruang hitam. Beratnya bahkan mencapai 113 kilogram.

Pusat Penyelamatan Margasatwa Yunnan mengidentifikasi hewan itu sebagai beruang hitam Asia, ada juga yang menyebutnya beruang dada putiih. World Wildlife Organization (WWF) bahkan menyebut beruang tersebut sebagai hewan langka.

Pusat penyelamatan mengukur hewan itu setinggi satu meter. Mereka bahkan harus membiusnya sebelum diangkut.

Beruang hitam Asia dihargai sangat mahal jika dijual di pasar gelap. Beruang hitam hampir punah karena sering diburu untuk diambil bagian tubuh mereka, terutama kantung empedu, cakar dan kulit.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id