Lukisan bernama Christ Mocked karya seniman Italia, Cimabue. (Foto: AFP/GETTY IMAGES)
Lukisan bernama Christ Mocked karya seniman Italia, Cimabue. (Foto: AFP/GETTY IMAGES)

Lukisan Rp373 M Ditemukan di Dapur Lansia Prancis

Internasional lukisan
Willy Haryono • 28 Oktober 2019 07:34
Paris: Sebuah lukisan kuno karya seorang seniman ternama Italia ditemukan terpampang di dapur milik seorang wanita lanjut usia di Prancis. Lukisan itu terjual seharga USD26,6 juta atau setara Rp373 miliar.
 
Christ Mocked, lukisan karya seniman Cimabue, ditemukan bulan lalu di sebuah rumah di Prancis utara. Awalnya lukisan itu diprediksi akan terjual Rp93 miliar dalam sebuah pelelangan.
 
Namun saat dilelang di balai lelang Acteon Auction House, lukisan tersebut terjual empat kali lipat dari estimasi harga awal. Angka Rp373 miliar telah memecahkan rekor untuk sebuah lukisan era medieval yang terjual dalam sebuah pelelangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acteon menyebut Christ Mocked terjual ke seorang pembeli anonim dari Prancis utara.
 
"Saat karya seni unik dan langka dari Cimabue muncul di tengah publik, Anda harus bersiap akan adanya kejutan-kejutan," kata seorang staf balai pelelang, Dominique Le Coent, dikutip dari laman BBC, Senin 28 Oktober 2019.
 
Selama bertahun-tahun, Christ Mocked tergantung di sebuah dapur wanita tua di kota Compiegne. Lukisan itu tak sengaja ditemukan seorang pelelang, yang kemudian menyarankan sang pemilik untuk memeriksakannya ke pakar karya seni.
 
Pemilik lukisan mengira lukisan tersebut hanya karya seni biasa bernilai rendah. Namun saat diperiksa dengan menggunakan sinar inframerah, lukisan tersebut terkonfirmasi sebagai karya pelukis Cimabue, yang juga dikenal dengan nama Cenni di Pepo.
 
Lahir di kota Florence, Cimabue aktif di akhir abad ke-13 dan awal abad ke-14. Masa aktif Cimabue adalah transisi dari era medieval ke Rennaisance.
 
Mahakarya Cimabue tersebut berukuran kecil dengan panjang 26 sentimeter dan lebar 20 cm. Dua karya Cimabue lainnya yang masuk kategori sama dengan Christ Mocked dapat diplihat di Galeri Nasional London dan Frick Collection di New York.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif