Tangga Menara Eiffel Terjual Rp2,7 Miliar
Sebuah tangga spiral yang merupakan bagian dari Menara Eiffel dipamerkan di balai lelang Artcurial di Paris, Prancis, 8 November 2018. (Foto: AFP/PHILIPPE LOPEZ)
Paris: Sebuah bagian dari tangga spiral di Menara Eiffel terjual seharga 169 ribu euro atau setara Rp2,7 miliar dalam sebuah acara pelelangan di Paris, Prancis, Selasa 27 November 2018. Nilai ini tiga kali lipat lebih tinggi dari perkiraan,

Puluhan anak tangga berbahan besi dari struktur original Eiffel, yang berasal dari lantai dua dan tiga, terjual kepada seorang kolektor asal Timur Tengah. Balai lelang Artcurial awalnya mengestimasi tanggal Eiffel hanya akan terjual di angka 40 ribu hingga 60 ribu euro.

Anak tangga tersebut, dengan tinggi sekitar 4,3 meter, dibuat pada 1889 oleh seorang insinyur Prancis, Gustave Eiffel. Hasil karyanya itu dipamerkan dalam acara Paris Universal Exhibition.


Karya Eiffel itu kemudian menjadi ikon paling terkenal di ibu kota Prancis, meski sempat ada seruan dari sejumlah pihak untuk menghancurkannya, beberapa tahun setelah dipamerkan.

Menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 41 tahun, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Chrysler Building di New York, Amerika Serikat, pada 1930.

Tangga karya Eiffel disingkirkan dari menara pada 1983, agar pemerintah kota Paris dapat membuat lift untuk memudahkan mobilitas pengunjung. Beberapa anak tanggal dibeli sejumlah museum.

Pada 2016, balai lelang Artcurial menjual 14 bagian tangga Eiffel kepada seorang pembeli asal Asia di harga 523.800 euro.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id